Pendampingan Intensif serta Monitoring Evaluasi SIPPN dan SP4N LAPOR yang berlangsung di Swiss Belhotel Makassar, Kamis (17/10/2019)

Kemenpan RB Apresiasi Pengelolaan SIPP dan SP4N Lapor Pemkab Gowa

Kamis, 17 Oktober 2019 | 23:16 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengapresiasi Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN) dan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik Kemenpan RB, DR Muhammad Immanuddin kepada Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa, Hj Kamsinah di sela-sela pembukaan Pendampingan Intensif serta Monitoring Evaluasi SIPPN dan SP4N LAPOR yang berlangsung di Swiss Belhotel Makassar, Kamis (17/10/2019).

Bahkan Muhammad Immanuddin menyebutkan bahwa  Pengelolaan SIPPN dan SP4N LAPOR Pemkab Gowa merupakan salah satu yang terbaik. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Gowa yang dinilai sudah bagus dalam pengelolaan SIPP dan SP4N Lapor karena telah memenuhi kriteria yang ditentukan.

“Selamat kepada Pemerintah Kabupaten Gowa yang sudah memenuhi kriteria pengelolaan SIPP dan SP4N Lapor, SIPP sudah mengisi profil, admin sudah ada, sudah melakukan input jenis layanan untuk PTSP dan Disdukcapil, sedangkan untuk SP4N Lapor sudah ada SK kelembagaan, akun aktif, pelayanan sudah ditindaklanjuti dan laporan yang sudah ditindaklanjuti sudah di atas 50 persen,” jelas Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik Kemenpan RB.

Olehnya itu, ia berharap dengan keberhasilan Pemkab Gowa dalam pengelolaan SIPP dan SP4N Lapor tersebut dapat menjadi contoh bagi para pengelola di pemerintah kabupaten/kota se-Sulsel, Sulteng dan Sulbar.

Sememntara itu, Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa, Hj Kamsinah mengatakan, bahwa apresiasi yang diterima Pemkab Gowa tersebut tidak langsung membuatnya puas. Karena menurutnya, pengelolaan pelayanan publik di Gowa masih perlu ditingkatkan lagi.

“Pengelolaan SIPP kita berada pada posisi kedua terbaik, sedangkan SP4N Lapor berada pada posisi keempat tetapi kita tidak harus puas, apresiasi ini sebagai motivasi bagi para tim admin SIPP dan SP4N Lapor bersama para pejabat penghubung yang ada di setiap SKPD lingkup Pemkab Gowa untuk terus meningkatkan pelayanan dan menindaklanjuti berbagai laporan masyarakat dengan baik, serta perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat,” tambahnya.

Pada tujuh besar pengelolaan SIPP terbaik ini Pemkab Gowa masuk bersama enam pemerintah daerah lain yaitu Pemkot Makassar, Pemkab Sinjai, Pemkab Pangkep, Pemprov Sulteng, Pemkab Mamuju dan Pemkab Polman, sedangkan untuk pengelolaan SP4N Lapor, Pemkab Gowa masuk bersama empat pemerintah daerah lain yaitu Pemkot Makassar, Pemkot Pare-pare, Pemkab dan Pemkab Bulukumba.

Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Daerah Setkab Gowa, H Alimuddin Hakim dan Kasubag Ketatalaksanaan dan Pelayanan Publik, Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Daerah Setkab Gowa, Indra Said bersama para admin SP4N Lapor Kabupaten Gowa.(*)