Lahirkan Generasi Pencinta Al-Quran, 2020 Pemkab Gowa Programkan 1 Hafidz 1 Desa

Kamis, 17 Oktober 2019 | 11:07 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus melakukan upaya dalam  membentuk generasi pencinta Al-Quran demi membentuk insan yang berakhlakul karimah. Bahkan generasi muslim milenial menjadi sasaran utamanya. 

Salah satu yang dilakukan dengan membentuk program-program keagamaan, salah satunya Program 1 Hafidz/1 Desa yang dicanangkan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. Hal ini pun dibahas pada Temu Koordinasi Bidang Keagamaan di Baruga Tinggimae, Kompleks Rumah Jabatan Bupati Gowa, Rabu kemarin (16/10/2019).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten, Gowa H Muchlis mengatakan bahwa dengan adanya program satu penghafal Al-quran atau hafidz pada setiap desa maupun kelurahan yang akan dicanangkan tahun 2020 diharapkan dapat membawa perubahan di Kabupaten Gowa.

Lanjutnya, program tersebut akan dibagi dua yakni untuk usia muda dan para imam, dan guru agama. Menurutnya, keduanya nanti akan menjadi imam-iman disetiap masjid yang ada di Kabupaten Gowa.

“Jadi nanti program ini dibagi dua, untuk usia muda sendiri sebaiknya telah lulus agar tidak bermasalah dengan sekolahnya terkait batasan mungkin usia 30 tahun, namun untuk tahap awal kita hanya mengirim satu dulu setiap desa sehingga semua akan berjumlah 167 orang,” lanjutnya.

Selain itu, mengenai pembiayaan H. Muchlis mengungkapkan akan diberikan secara gratis. Semuanya akan dibebankan pada dana desa/kelurahan mulai dari masuk hingga selesai. 

“Alumninya nanti kita sebar untuk menjadi imam masjid, imam tarwih, imam dusun dan lingkungan, juga akan menjadi pengajar pada tutor Sanggar Pwndidikan Anak Saleh, kemudian nantinya bisa dikader menjadi pengajar pada sekolah tahfidz,” tambahnya.(*)


BACA JUGA