Gelar Program Pemberdayaan Masyarakat, Dosen Unibos Buat Komposer Sampah Individual Rumah Tangga

Senin, 21 Oktober 2019 | 18:09 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Sebagai program pengabdian kepada masyarakat dan juga pemberdayaan terhadap masyarakat mitra, Tim Dosen Fakultas Teknik Universitas Bosowa (Unibos) membantu mengelolah sampah dengan pembimbingann pembuatan teknologi komposter sampah individual rumah tangga berbasis pemberdayaan masyarakat.

Mereka yang tergabung dalam tim dosen, yakni Muhammad Awaluddin Hamdy, ST., M.Si dibantu Syam Fitriani Asnur, ST., M.Sc. Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Wajo Baru Kecamatan Bontoala, Makassar, Senin (21/10/2019).

pt-vale-indonesia

Dalam kegiatan ini, beberapa proses yang dilakukan termasuk sosialisasi dan pengenalan kegiatan dengan mitra, melatih keterampilan masyarakat sasaran dalam membuat komposter sampah individual, melakukan pendampingan dan pelatihan produksi komposter sekaligus melakukan pendampingan dan pelatihan manajemen usaha.

Dosen Unibos, Muh. Awaluddin Hamdy, ST., M.Si menuturkan beberapa manfaat kegiatan ini dilaksanakan.

“Termasuk mewujudkan pemanfaatan sampah secara efektif, tepat guna, dan bermanfaat bagi lingkungan masyarakat, meningkatkan kualitas lingkungan dan kawasan, peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui sistem daur ulang sampah, masyarakat mempunyai perubahan pola pikir terhadap sampah,” tuturnya.

Untuk pola pengolahan yang diterapkan termasuk melalui proses pencacahan sampah yaitu pengolahan fisik dengan mengurangi ukuran sampah agar lebih mudah diolah, melakukan komposting dengan pengolahan sampah organik melalui pembusukan (proses biologis) yang terkendali.

Hasil yang diperoleh disebut kompos. Termasuk juga melakukan daur ulang sampah non organik seperti melelehkan plastik dan mencacahnya menjadi bijih plastik, membuat bubur kertas untuk menjadikan kertas daur ulang, dan membuat kerajinan atau hasta karya.(*)

Tags:

BACA JUGA