Pengambilan sumpah jabatan pimpinan definitif DPRD Provinsi Sulsel masa jabatan 2019-2024 yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna, Jalan Urip Sumiharjo Makassar, Senin (21/10/2019)

Pimpinan DPRD Sulsel Resmi Dilantik, Wagub: Semoga Amanah Menjalankan Tugas

Senin, 21 Oktober 2019 | 23:04 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, menghadiri acara pengambilan sumpah jabatan pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulsel masa jabatan 2019-2024 yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna, Jalan Urip Sumiharjo Makassar, Senin (21/10/2019).

Andi Ina Kartika Sari mengambil sumpah jabatan sebagai Ketua Pimpinan Dewan Sulsel bersama Syaharuddin Alrif, Darmawangsa Muin, Ni’matullah, dan Muyazzin masing-masing sebagai Wakil Pimpinan DPRD Sulsel.

Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengharapakan semoga amanah yang diemban oleh para pimpinan Dewan Sulsel beserta seluruh anggotanya dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab serta menjaga sinergitas dalam mewujudkan Sulsel yang lebih baik lagi ke depan.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada ketua dan wakil ketua beserta para anggota DPRD Provinsi Sulsel periode 2014-2019. Atas segala bakti dalam menjalankan tugas dan amanah untuk Sulsel,” singkat Andi Sudirman.

Sementara itu, usai pengambilan sumpah jabatan, Andi Ina menyampaikan harapan agar seluruh pimpinan DPRD dan anggota DPRD langsung menjalankan fungsi dan peran sebagai anggota legislatif.

“Kami menyadari bahwa apapun tugas yang ditetapkan di pundak kami, akan sulit berhasil tanpa solidaritas dukungan dan kebersamaan dari seluruh anggota, forum koordinasi pimpinan daerah serta semua pihak,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan jika pihaknya akan menjadi mitra kritis bagi pemerintah provinsi Sulsel. “Kita akan jalankan untuk menjadi mitra kritis, konstruktif, dan konstitusional kepada pemerintah,” tambahnya.

Selain itu kata Andi Ina, pelantikan dirinya sebagai Ketua DPRD Provinsi Sulsel menjadi bagian dari sejarah lembaga legislatif Sulsel yang menunjuk seorang perempuan pertama sebagai pimpinan di DPRD Provinsi Sulsel.

Sedangkan Wakil Ketua DPRD Sulsel, Muzayyin Arif, mengatakan semoga DPRD Sulsel baru ini bisa bekerja dengan ideal. 

Hal ini penting agar masyarakat merasakan manfaat wakilnya di DPRD. ” Saya berharap DPRD bisa menjawab ekspektasi dan harapan publik, apalagi tugas yang berkaitan dengan legislasi, pengawasan, dan penganggaran,” pungkasnya.

Ia juga mengharapkan sinergitas DPRD bersama pemerintah daerah dalam melaksanakan kinerja pengawasan terhadap penggunaan APBD dalam proses pembangunan Sulsel lima tahun ke depan. 

Ia juga berharap, pemerintah daerah memperhatikan kebutuhan dasar masyarakat yang meliputi pendidikan, kesejahteraan dan kesehatan.(*)


BACA JUGA