Kalla Transport & Logistics

Tumbuh 27%, Kalla Logistics Tingkatkan Pelayanan

Selasa, 22 Oktober 2019 | 23:02 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pelayanan pengantaran lanjutan khusus penumpang kendaraan yang diantar melalui Kalla Transport & Logistics menuju lokasi pelanggan dealer yang tersebar di berbagai kabupaten di Pulau Sulawesi terus mengalami peningkatan. Ini merupakan sebahagian dampak dari pasca launching program layanan “Integrated Kalla Logistics Services” yang dilaksanakan pada kuartal pertama tahun 2019 lalu yang mencapai 27%.

Armada transporter jenis Car Carrier yang dimiliki dan dioperasikan oleh Kalla Transport & Logistics khusus di wilayah Sulawesi telah mencapai 13 unit dan telah mengambil porsi 54% share dari penumpang kendaraan di wilayah Sulawesi Selatan, Tengah, Barat dan Tenggara. Keunggulan yang ditawarkan ini adalah layanan Integrated Logistics Services atau layanan Door to Door Service. Mulai dari penjemputan (pick-up handling) atau penumpang kendaraan dari pabrik dengan armada car carrier, dilanjutkan pemuatan kendaraan ke Kapal Kalla Lines, hingga tiba di pelabuhan tujuan untuk selanjutnya dilakukan bongkar muat oleh tenaga-tenaga stevedoring yang terlatih ber-sertifikat kompetensi khusus lalu ke tahap penyimpanan (storage) di stock yard hingga proses akhir yakni pemeriksaan akhir kendaraan sebelum dilakukan pengantaran menggunakan car carrier ke lokasi akhir pelanggan dealer untuk dilakukan penyerahan kepada pelanggan.

“Kami merupakan satu-satunya perusahaan layanan jasa pengantaran yang memiliki layanan menyeluruh yang kami sebut dengan “Integrated Kalla logistics Services”. Layanan ini memiliki keunggulan antara lain biaya lebih efisien, pengantaran yang lebih efisien 30% dengan kualitas pelayanan yang lebih terjamin yang mengutamakan kualitas dan keamanan kendaraan hingga tengan pelanggan dealer. Selain kualitas pengantaran, ketepatan waktu pengantaran juga merupakan aspek yang sangat dijaga dan diutamakan. Dengan proses bisnis yang menggunakan “Service Level Matrix” system, kami menjamin akurasi ketepatan waktu berlayar kapal dan pengantaran lanjutan dengan car carrier akan tiba tepat waktu. Kapal kami “Kalla Lines” setiap 3 hari akan berlabuh/ tiba di Makassar dan Balikpapan,” ujar Andi Muhammad Gunawan M selaku Chief Operating Officer Kalla Transport & Logistics.

Layanan integrase logistik kami ber-sertifikasi ISO meliputi layanan Penjemputan (pick-up handling), Bongkar maut (stevedoring), Pengapalan (Shipping), Penyimpanan (Storage) hingga Penyerahan (Delivery). Setiap armada pengantaran (Transporter) dilengkapi alat pantau operasi “GPS” yang menjamin keamanan pengataran serta ketepatan waktu operasi setiap armada.

Terhadap armada kendaraan, kondisi prima seluruh armada transporter dijaga dengan melakukan pemeriksaan & perawatan (service) secara berkala termasuk tenaga Driver yang wajib mengikuti pelatihan evaluasi dan pengembangan skill berkendara melalui program Smart Driving Training System.

Program pelatihan ini sekaligus sebagai kualifikasi assessment yang dilakukan secara berkala untuk mempertahankan performa seluruh tenaga driver. Dengan pelatihan ini, driver senantiasa memiliki kemampuan yang cakap dalam menangani berbagai masalah dalam proses pengantaran.

Ini merupakan total benefit yang diberikan kepada seluruh pelanggan dan pengguna jasa layanan secara menyeluruh dalam satu produk layanan “Integrated Kalla Logistics Services”. Dengan total benefit ini, mitra pelanggan akan secara langsung merasakan manfaat positif terhadap bisinisnya.

“Kedepannya kami akan fokus dengan pembangunan hub stock yard, container yard serta warehouse di beberapa titik di Sulawesi dan Kalimantan untuk lebih memudahkan pelanggan dapat lebih mudah menjangkau layanan kami. Dengan jarak hub stock yard yang semakin dekat, pelanggan tidak perlu menambah investasi pada membeli lahan yang luas untuk sebab kami telah menyediakan untuk layanan menyeluruh ini. Pada tiap stock yard, kami lengkapi dengan perangkat keamanan 24 jam (security and CCTV) serta Yard Management System (YMS) dan manual check list untuk memastikan setiap kendaraan yang berada dalam yard penyimpanan akan terjamin kemanannya,” tutupnya.(*)