Erwan Sain, seorang anak muda asal Barru, Sulawesi Selatan yang berhasil mendapatkan beasiswa studi S2 dari Pemerintah Rusia jurusan Teater pada tahun 2019 ini

Erwan, Pemuda Asal Barru Berhasil Raih Beasiswa S2 di Rusia

Rabu, 23 Oktober 2019 | 01:51 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Citizen Reporter

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kemauan dan usaha yang maksimal akan membuahkan hasil yang sepadan. Ungkapan ini telah dibuktikan oleh Erwan Sain (23), seorang anak muda asal Barru, Sulawesi Selatan yang berhasil mendapatkan beasiswa studi S2 dari Pemerintah Rusia jurusan Teater pada tahun 2019 ini.

Erwan merupakan sosok pemuda yang patut diteladani sikap pantang menyerah dan prestasinya yang cukup banyak terkhususnya pada bidang teater.
Salah seorang anggota Bengkel Sastra, Erwan pernah menjadi volunteer perwakilan Indonesia di Intercultural Friendship di Kota Kinabalu Malaysia dan menjabat Pemangku Adat Teater Bengkel Sastra periode 2017-2018.

pt-vale-indonesia

Ia bermain di berbagai pementasan sebagai Nominasi Aktor utama Festival Teater Mahasiswa Indonesia 11 Bersama Wajah Setan 2015, Aktor utama Festival Sastra Islam Mencari senyuman 2016,  Sebagai Masdar Festival Teater Mahasiswa Indonesia 12 Mega-Mega 2016, Nominasi Aktor utama sebagai Dio di Festival Teater Mahasiswa Nasional 8 Diorama 2017.

Selain itu pernah berperan sebagai Sutradara Sanbu Ingtay adaptasi naskah Sampek Engtay karya Nano Riantiarno 2015, Sutradara Ramli Ramlah karya Azis Nojeng 2017, Sutradara Film Tangga Tua dan Tokoh Kita, Selain itu, di penghujung tahun 2018 lalu ia berhasil menggaet Juara Festival Teater Mahasiswa Indonesia Ke 14 sebagai Supervisor dalam naskah Kulawarga.

Erwan sempat tercatat sebagai mahasiswa Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar pada tahun 2018.
Erwan yang sejak lama bercita-cita belajar ke luar negeri tak pernah berhenti mencari peluang dengan mendaftar di portal russia.study link beasiswa studi ke luar negeri.

“Pertama saya daftar di portal russia.study, karena memang berkeinginan memang kuliah di Rusia jadi saya cari info-infonya. Kedua, persyaratan dokumen, ijazah, seritifikat, abstrak tesis dan TOEFL. Ketiga, wawancara, kemudian pengumuman finalnya melalui email dari universitas di sana,” kata Erwan.

Kerja kerasnya ini kemudian membuahkan hasil manis ketika diberitahu lewat email bahwa dirinya mendapat kesempatan untuk kuliah jurusan Theatre Studies di Russian State Institute of Performing Arts Universitas di Saint Petersburg, Rusia. Rasa bangga dan senang pun ia rasakan.

“Senang, karena satu lagi capaian saya berhasil di peta pikiran yang saya buat. yah saya pikir gambaran perasaan saya tidak bisa terwakili melalui apapun,” ujar  Erwan.

Kepala Suku Bengkel Sastra periode 2019-2020, Sulfiani, mengatakan bahwa sosok Erwan Sain patut dijadikan teladan bagi kita semua, terutama bagi kaum muda. Sungguh apabila kita memiliki kemuan dan usaha yang maksimal, akan selalu ada jalan untuk dapat meraih hasil yang kita inginkan.(*)