Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, H. Muchlis membuka grand final Kompetisi Taurungka Taulolo yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa dalam memeriahkan Hari Jadi Gowa (HJG) ke-699 Tahun di Gedung Haji Bate, Jalan Tumanurung, Jumat (25/10/2019).

Buka Grand Final Kompetisi Taurungka Taulolo, Ini Harapan Sekda Gowa

Sabtu, 26 Oktober 2019 | 17:38 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, H. Muchlis membuka grand final Kompetisi Taurungka Taulolo yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa dalam memeriahkan Hari Jadi Gowa (HJG) ke-699 Tahun di Gedung Haji Bate, Jalan Tumanurung, Jumat (25/10/2019).

Dalam sambutannya, H. Muchlis mengatakan bahwa Kompetisi Taurungka Taulolo tersebut adalah upaya pemerintah Kabupaten Gowa dalam membuka wawasan generasi muda.

“Ini akan membuat generasi kita semakin lebih maju kedepan, karena telah ditempa persoalan mental-attitude, ditempa dalam hal wawasan pengetahuan dan pengembangan skill utamanya mengetahui teknologi, literasi agar bisa memberikan pengaruh kepada masyarakat secara luas,” ujarnya.

Olehnya itu iya berharap kedepan Taurungka dan Taulolo Kabupaten Gowa bisa menjadi tempat yang baik dan dapat diperhitungkan dalam membantu mewujudkan pembangunan daerah. Baik itu dari segi jenjang karir, hingga prestasi-prestasi yang didapatkan.

Tak hanya itu, ia juga berharap generasi-generasi muda saat ini utamanya Taurungka Taulolo 2019 ini dapat mengikuti jejak orang-orang yang telah menorehkan prestasi dan kebanggaan bagi daerahnya.

“Antara lain seperti Almarhum Ichsan Yasin Limpo (IYL) yang berhasil menjadi bapak pendidikan dengan beragam program-program pendidikan yang diusungnya, Bapak Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang saat ini berhasil menduduki jabatan Mentri Pertanian pada Kabinet II Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan beberapa sosok-sosok lainnya.

Di tempat yang sama, Ketua Yayasan Taurungka Taulolo Lukman Nulhakim mengungkapkan, selama 7 tahun penyelenggaraan Taurungka Taulolo pihaknya berhasil menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul dan berpotensi.

“Mereka ini dibentuk semata-mata untuk membanggakan daerah kita mulai dari ke tingkat nasional hingga internasional,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan terimakasihnya kepada jajaran Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Gowa atas lindungan dan supportnya melaksanakan kegiatan tersebut.

“Kami terus berharap kompetisi ini dapat berlangsung setiap tahunnya yang digelar sebagai rangkaian memeriahkan Hari Jadi Gowa,” ujarnya.

Sekedar diketahui bahwa dalam kompetisi tersebut kategori Taurungka 2019 dimenangkan Syahril Nurdin nomor urut 01 sebagai juara pertama, Senario nomor urut 05 sebagai juara kedua dan Muh Taufik nomor urut 07 sebagai juara ketiga.

Sementara, kategori Taulolo 2019 dimenangkan Rini nomor urut 20 sebagai juara pertama, Nurul Kusuma nomor urut 14 sebagai juara kedua dan Radiyatul Mayana nomor urut 12 sebagai juara ketiga.(*)