Ketua Putra Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Muh Ischak

Ini Makna Sumpah Pemuda Bagi Ketua UKM Pramuka UIN Alauddin Makassar

Senin, 28 Oktober 2019 | 10:52 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019 dengan mengangkat tema “Bersatu Kita Maju” hari ini serentak digelar di seluruh Indonesia, Senin (28/10/2019).

Sementara itu, dalam memaknai Sumpah Pemuda, Ketua Putra Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Muh Ischak mengatakan bahwa Sumpah Pemuda merupakan upaya pemuda dalam mempersatukan pemuda bangsa Indonesia.

“Sumpah Pemuda merupakan hal atau upaya yang dilakukan oleh pemudi dan pemuda Indonesia dalam mempersatukan perbedaan yang ada di Indonesia serta membangun karakter nasionalisme yang ada dalam diri pemuda Indonesia, sesuai pada tiga poin yang disepakati yang sekarang kita kenal dengan Sumpah Pemuda,” katanya.

Lanjutnya, peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober tersebut merupakan momentum untuk mengenang dan mengingat kembali perjuangan para pemuda dalam memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia.



Menurutnya kemerdekaan yang dicapai Indonesia tak lepas dari peran serta pemuda. Olehnya itu, Ischak berharap momentum hari Sumpah Pemuda menjadi motivasi bagi pemuda saat ini untuk memajukan bangsa Indonesia.

“Memperingati hari Sumpah Pemuda adalah salah satu hal yang dilakukan untuk mengingatkan kembali para pemuda Indonesia tentang sejarah pemuda Indonesia yang terlibat proses kemerdekaan Indonesia serta memotivasi pemuda saat ini agar tetap semangat dan selalu memiliki karakter nasionalisme yang tinggi serta mampu meningkatkan kemampuan dalam bidang ilmu pengetahuan agar dapat memajukan Indonesia,” ujarnya.

“Pemuda saat ini juga harus lebih memiliki inspirasi yang lebih baik agar dapat meningkat kreativitas dan dapat berinovasi agar dapat mengurangi jumlah pemuda yang terjerumus ke hal yang negatif,” tambahnya.(*)


BACA JUGA