FOTO: PKK Kabupaten Gowa menghadirkan Psikolog Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI Elizabeth Santosa sebagai narasumber Seminar/Jumat, 1 November 2019/Junaid/GOSULSEL.COM

Berbagi Tips Cara Didik Anak di Era Digital, PKK Gowa Hadirkan Psikolog Kemendikbud RI

Jumat, 01 November 2019 | 15:37 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – PKK Kabupaten Gowa menghadirkan Psikolog  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI Elizabeth Santosa sebagai narasumber Seminar yang bertema “Peran Tenaga Teknis dan Kader PKK dalam Mendukung Keluarga Tangguh Indonesia” dalam rangkaian Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tenaga Teknis dan Kader PKK Se-Kabupaten Gowa.

Elizabeth Santosa yang didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan dalam materinya menyebutkan bahwa ada 7 (tujuh) karakteristik anak yang tumbuh di era digital, diantaranya memiliki ambisi besar untuk sukses, generasi yang serba praktis, melakukan segala sesuatu harus cepat (instan), menyukai kebebasan, percaya diri, butuh pengakuan dan sadar digital dan menguasai teknologi.

muhammad-ismak

“Sebagian karakter itu belum terlihat pada diri setiap anak. Tetapi, yang jelas anak yang tumbuh di era digital memang cepat menguasai apapun dan kritis to the max,” kata Miss Lizzie panggilan akrab Elizabeth Santosa saat membawakan materi di Four Points Hotel Makassar, Kamis kemarin (31/10/2019).

Miss Lizzie bahkan menambahkan bahwa penggunaan gadget tidak selalu negatif. Menurutnya banyak juga anak-anak yang populer karena kemampuan anak menggunakan gadget dengan baik.

“Buktinya ibu-ibu di sini semuanya bekerja dengan gadget kan? Di sosmed banyak juga anak-anak yang populer berkat mereka cerdas menggunakan gadget,” ujar Dosen di President University, Cikarang ini.

Hanya saja menurutnya, yang penting para orang tua khususnya ibu-ibu  memberikan aturan soal gadget pada anak. “Saat anak bermain sebaiknya dampingi, diajak ngobrol. Jangan anaknya dibiarin sendirian sama gadgetnya,” kata Miss Lizzie.

Seminar tersebut kemudian diisi dengan dialog dan tanya jawab dengan para peserta seminar yang merupakan tenaga teknis dan kader PKK perwakilan dari 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa yang sangat antusias mengikuti materi.

Pada akhir kegiatan diserahkan cinderamata dari PKK Kabupaten Gowa oleh Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan didampingi Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Hj Mussadiyah Rauf kepada Elizabeth Santosa.(*)


BACA JUGA