Rescue Celebes menggelar kegiatan penanaman 10.000 mangrove di Lantebung Kelurahan Bira Kecamatan Tamalanrea, Makassar. Minggu (03/11/2019)

Mitigasi Bencana Alam, Rescue Celebes Tanam 10.000 Mangrove

Senin, 04 November 2019 | 14:50 Wita - Editor: Dilla Bahar -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM–Rescue Celebes menggelar kegiatan penanaman 10.000 mangrove di Lantebung Kelurahan Bira Kecamatan Tamalanrea, Makassar. Minggu (03/11/2019)

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini, Rescue Celebes melibatkan peserta dari anggota Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala), potensi SAR serta mahasiswa Pertanian dari beberapa kampus di Sulsel.

muhammad-ismak

Ketua Umum Rescue Celebes, Alkaisar mengemukakan, kegiatan ini dilaksanakan selain pelestarian alam juga sebagai pemberian edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana peran mangrove dalam meminimalisir terjadinya bencana.

“Kegiatan ini kami garap selain program kerja dalam kepengurusan ini, juga sebagai pemberian edukasi kepada masyarakat, tentang pentingnya peran mangrove dalam pencegahan bencana,” kata dia,

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan diskusi mitigasi bencana yang mengahadirkan pemateri dari BPBD kota makassar, WWF, serta Pengelola mangrove yang ada di lantebung

“Mudah mudahan dengan dilaksanakannya diskusi tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat, terkait pengetahuan betapa pentingnya mangrove bagi keseimbangan alam itu sendiri dan betapa besar perannya dalam menahan ombak,” tutur alkaisar

Menurutnya, peran mangrove sangat besar dalam pencegahan terjadinya bencana seperti banjir dan tsunami karena dapat menjadi penyanggah terhadap terjangan ombak yang masuk kepemukiman warga.

“Ya kita belajar dari palu, tsunami tidak akan menerjang sekeras itu, jika dipinggir laut ditanami mangrove,” ucapnya.

“Mudah mudahan dengan mangrove yang kita tanam ini dapat sedikit bermanafaat bagi manusia dan alam, intinya kami akan terus berbuat untuk pencegahan, sedikitpun itu,” tambahnya.

Pengelola Mangrove, Saraba mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia mengemukakan rasa terimakasihnya kepada anggota Rescue Celebes.

“Satu pohon pun yang kalian tanam, itu bermanfaat dan insya Allah akan menjadi amal jariyah bagi adek adek,” pungkasnya.(*)