#

Bupati Barru Sinergikan Tradisi “Mappalili” dan Perkembangan Teknologi

Selasa, 05 November 2019 | 15:20 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BARRU, GOSULSEL.COM – Langkah dan terobosan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru menggenjot swasembada pangan terus dilakukan. Selain memperbanyak bantuan alat pertanian, para pengambil kebijakan di daerah ini juga intens turun bersentuhan dengan para petani.

Di acara mappalili tingkat Kecamatan Barru yang digelar di Kelurahan Mangempang misalnya, Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh, M.Si, memberi penekanan tentang pentingnya mensinergikan tradisi lokal dan perkembangan teknologi pertanian.

muhammad-ismak

“Kegiatan seperti ini perlu dilestarikan. Ini budaya kita yang masih terus tumbuh dan masih selaras dengan kondisi kekinian. Kalau cara tradisional ini bisa  dikombinasikan dengan kemajuan teknologi, maka insyaallah dapat lebih memberikan hasil yang memadai dan meningkatkan hasil pertanian,” urai Suardi Saleh, saat memberikan sambutan di acara mappalili, Selasa (05/11/2019).

Mappalili merupakan salah satu tradisi dan budaya sebelum petani turun sawah. Dan khusus musim tanam kali ini, mengangkat tema “Melalui Mappalili Kita Tingkatkan Swasembada Pangan yang Berkualitas”. Hal ini salah satu tujuan pemerintah, agar selain hasil panen nantinya bisa berkualitas, juga dampaknya pada kesejahteraan petani.

Suardi Saleh yang dikenal sebagai “ahli pemerintahan”, memaparkan, Barru bisa menjadi salah satu daerah di Indonesia yang bisa berkonstribusi banyak mendukung target pemerintah pusat untuk swasembada pangan.  Olehnya itu, perhatian ke petani harus terus ditingkatkan.

“Kita punya sumber daya alam yang melimpah. Kalau ini bisa dikelola dengan baik, termasuk untuk sektor pertanian, maka dampaknya pada kesejahteraan rakyat. Dan ini yang terus kami galakkan,” kata Suardi Saleh diberbagai kesempatan.

Khusus acara Mappalili tingkat Kecamatan Barru tahun ini, Suardi Saleh yang berlatar belakang birokrat senior, menyampaikan ucapan terima kasih ke pelaksana dan para petani, karena mampu menjaga dan melestarikan warisan leluhur.

Sekadar diketahui, di kegiatan ini Suardi Saleh melakukan simulasi turun sawah yang ditandai dengan pengcangkulan perdana di area persawahan Larumpia. Bupati ikut didampingi  sejumlah pejabat. Diantaranya, Wakil ketua DPRD Kabupaten Barru Drs.H.Kamil R.M.Si, kadis pertanian,kadis perumahan dan pemukiman Kabupaten Barru,Camat Barru,kapolsek Barru,Danramil Barru,para lurah se-kecamatan Barru.

Selain itu, turut hadir ketua KTNA Kabupaten Barru,Kepala Puskemas Padongko,ketua Dewan Masjid Kabupaten Barru, para penyuluh pertanian serta sejumlah  para tokoh masyarakat.(*)


BACA JUGA