Cari Kerja? Dinaskertrans Gowa Gelar Job Fair 2019, Ini Tanggalnya

Rabu, 06 November 2019 | 20:03 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dinaskertrans) Kabupaten Gowa kembali menggelar Job Fair tahun 2019.

Kepalanya Dinaskertrans Kabupaten Gowa, Salehuddin Bachtiar mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut akan digelar 11 hingga 13 November 2019 mendatang.

muhammad-ismak

“Melihat pergerakan grafik angka pengangguran maka Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi terus menerus mencari solusinya. Kini Disnakertrans kembali menggelar bursa kerja atau job fair 2019 yang akan dibuka selama tiga hari mulai 10-13 November 2019 mendatang,” ujarnya.

Salehuddin Bachtiar menyebutkan bahwa berdasarkan data statistik dua tahun terakhir, angka pengangguran di Kabupaten Gowa makin turun. Kalau sebelumnya tercatat 6,4 persen, maka dua tahun ini menurun menjadi 4 persen.

Salehuddin Bachtiar juga mengatakan bahwa agenda job fair kali ini tidak dilakukan muluk-muluk atau dilakukan dengan hasil yang pasti-pasti saja. Jika tahun sebelumnya memasang target banyak lowongan yang dibuka oleh 50 perusahaan peserta job fair. Namun dalam perjalanannya daftar pencari kerja pada lowongan yang disiapkan tidak memenuhi harapan alias banyak yang tidak lanjut.

“Kita target 60 perusahaan peserta dan untuk lowongannya kami belum pastikan sebab nanti akan kami bahas bersama para pimpinan perusahaan seberapa besar jumlah lowongan mereka buka. Yang jelas kami selaku pemerintah daerah akan memfasilitasi masyarakat Gowa yang mau mendapatkan pekerjaan,” jelas Salehuddin.

Pelaksanaan job fair rencananya akan dipusatkan di pelataran kantor Disnakertrans Gowa di kompleks terminal Cappa Bungaya, Kecamatan Pallangga.

“Iya pelaksanaan job fair ini kita gelar di area kantor kami sebab tidak bisa dilakukan di kompleks Istana Tamalate karena sedang dalam renovasi. Saya kira masalah lokasi tidak jadi soal, yang penting peluang ini terbuka lebar bagi masyarakat Gowa yang ingin mencari kerja. Kami siap memfasilitasi ke perusahaan-perusahaan yang ada,” terangnya.

Salehuddin juga mengungkapkan bahwa Pemkab Gowa sangat serius dalam penanganan pengangguran dan melalui job fair tersebut ia diharapkan jumlah pengangguran dapat terus ditekan.

Sekadar diketahui, pada job fair 2018 lalu terbuka sekitar 2.430 lowongan yang disiapkan oleh 50 perusahaan peserta dengan jumlah pencari kerja (pencaker) sebesar 20.435 orang.(*)


BACA JUGA