Unibos Kampus Swasta Pertama di Indonesia Timur yang Buka Prodi Bahasa Mandarin

Rabu, 06 November 2019 | 10:16 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Universitas Bosowa (Unibos) diberi kepercayaan untuk membuka Program Studi (Prodi) Bahasa Mandarin untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional. Unibos merupakan Perguruan Tinggi Swasta pertama di Indonesia Timur yang membuka Prodi Bahasa Mandarin.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sulawesi, Prof Jasruddin, M.Si usai Surat Keputusan (SK) izin pembukaan Prodi Bahasa Mandarin kepada kepada Rektor Unibos Prof Saleh Pallu, M.Eng di Kantor LLDikti Wilayah IX, Selasa (05/11/2019).

muhammad-ismak

Prof Jasruddin, berharap dengan pendirian prodi baru ini dapat menjadi motivasi dan mendorong perguruan tinggi lainnya untuk menciptakan generasi yang dapat berbasis speaking oriented untuk bahasa dunia yang satu ini.

“Saya ingin mahasiswa bahasa mandarin Unibos kelak setelah dua (2) semester sudah bisa lancar berbahasa mandari. Dan nanti di tahun ke-tiga, mahasiswa Unibos dapat menjadi mentor bagi perguruan tinggi lainnya yang akan membuka prodi mandarin,” ujarnya.

Prof Jasruddin juga menjelaskan bahwa Bahasa Mandarin saat ini telah menjadi bahasa dunia dan penting untuk dipelajari. Menurutnya, Bahasa Mandarin memungkinkan untuk menjadi bahasa utama selain Bahasa Inggris.

“Siapa sangka jika kelak memungkinkan bahasa mandarin menjadi bahasa utama apabila China telah bertumbuh menjadi negara yang kuat dan negara yang memegang perdagangan utama dunia,” jelasnya.

Olehnya itu, ia juga bertharap mahasiswa Bahasa Mandarin Unibos kelak setelah dua (2) semester sudah bisa dan lancar berbahasa mandari. Dan nanti di tahun ke-tiga, mahasiswa Unibos dapat menjadi mentor bagi perguruan tinggi lainnya yang akan membuka prodi mandarin”, tambahnya.

Sementara itu, Rektor Unibos, Prof Saleh Pallu menyambut baik kehadiran Prodi baru tersebut. Ia menyebutkan bahwa, Bahasa Mandarin tersebut sudah lama dirintis yaitu sejak awal tahun 2019.

“Salah satu pendukung pengembangan skill mahasiswa yaitu kami telah membentuk china corner bekerjasama Anhui University China. Kedepan jika perkuliahan telah jalan dengan baik kita juga akan berikan kursus khusus bagi seluruh civitas akademika Unibos untuk belajar Bahasa Mandarin,” ujarnya.

Prof Saleh Pallu menambahklan bahwa Prodi Bahasa Mandarin tersebut akan berada dibawah naungan Fakultas Sastra Unibos dan akan memulai penerimaan mahasiswa baru periode 2020.(*)

Tags:

BACA JUGA