Kembangkan UMKM Lokal, Tokopedia Kerjasama dengan Tiga Desa di Pangkep

Kamis, 07 November 2019 | 20:09 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Tokopedia menghadirkan Tokopedia Center Rural di 3 desa di Kabupaten Pangkep. Desa tersebut yaitu Desa Pitu’e di Kecamatan Ma’rang, Desa Panaikang di Kecamatan Minasatene, dan Desa Manakku di Kecamatan Labbakang.

Hal tersebut merupakan salah satu langkah Tokopedia untuk mendorong masyarakat, khususnya di Makassar, untuk ikut berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia melalui berbagai inisiatif lokal, termasuk menghadirkan pengalaman O2O (online to online atau offline to offline) lewat Tokopedia Center Rural.

muhammad-ismak

External Communications Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan, “Di Sulawesi Selatan, khususnya Makassar, kami menghadirkan beberapa inisiatif lokal seperti Tokopedia Center, Mitra Tokopedia, serta berbagai kegiatan edukasi mengenai pemanfaatan teknologi dalam menciptakan peluang.”

Sementara itu, Regional Growth Expansion Senior Lead Tokopedia, Yanuar Rakhmad, mengatakan bahwa Kabupaten Pangkep dipilih karena Pangkep adalah kabupaten yang dianggap cocok dan paling siap menjadi bagian dari Tokopedia Center Rural.

“Sebenarnya kita sudah survei banyak sekali tempat di Sulsel, tapi prosesnya yang lebih siap sekarang yaitu di Pangkep. Mungkin dari tempatnya lebih oke, akses ke logistiknya juga terjangkau dan mungkin dari kesiapan masyarakatnya.
Kedepannya kita juga akan buka di area-area lain di Sulsel,” jelasnya.

Potensi UMKM di Kabupaten Pangkep sangat besar. “Ternyata salah satu desa yang menjadi center di sana merupakan UMKM teladan yang mewakili Sulsel di nasional. Jadi potensinya sangat besar sekali,” lanjutnya.

Kehadiran Tokopedia Center Rural di desa sebagai sarana edukasi masyarakat desa untuk lebih mudah mengakses teknologi digital ataupun mereka yang tertarik berjualan online.

“Selain mengedukasi, kita membangun kepercayaan, di saat kita mengadaptasi teknologi di suatu area berarti yang paling penting adalah kita membangun kepercayaan dengan masyarakat di sana tentang keamanan bertransaski,” tutupnya.(*)


BACA JUGA