Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, melakukan peletakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid H. Ichsan Yasin Limpo di Bonsel

100 Hari Wafatnya IYL, Bupati Gowa Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid H. Ichsan Yasin Limpo di Bonsel

Jumat, 08 November 2019 | 17:38 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid H. Ichsan Yasin Limpo Kampung Lantangpeo, Dusun Isoka, Desa Tindang, Kecamatan Bontonompo Selatan, Jumat (8/11/2019).

Lokasi pembangunan masjid tersebut sebelumnya adalah Musala Babul Jannah yang setiap harinya digunakan warga sekitar untuk salat fardhu. Menurut warga, musala tersebut sudah ada sejak 1982 silam dengan beberapa kali renovasi salah satunya sekitar 2014 lalu yang merupakan sumbangan dari Arab Saudi.

muhammad-ismak

Renovasi musala Babul Jannah menjadi Masjid H. Ichsan Yasin Limpo tersebut disambut baik oleh warga sekitar. Seperti yang disampaikan oleh Saripuddin Dg Ngempo warga Tindang. Ia mengaku dengan dibangunnya masjid tersebut akan sangat memudahkan masyarakat karena tempat untuk salat sudah sangat terjangkau. Utamanya untuk salat Jumat karena belum adanya masjid di sekitar Desa Tindang tersebut.

“Kita sangat senang karena musala ini renovasi menjadi masjid. Ini memang sudah sangat diharapkan oleh warga,” katanya saat menyaksikan peletakan batu pertama.

Selain itu, hal senada juga diungkapkan Alimuddin Daeng Kio. Menurutnya, pembangunan masjid merupakan sedekah jariah bagi mereka yang menyumbangkan sedikit hartanya.

“Semoga ini menjadi jalan untuk Almarhum Bapak Ichsan dibangunkan istana di akhirat kelak. Kami pun akan semaksimal mungkin menjaga masjid ini dengan baik serta dijadikan tempat-tempat dalam menuntut ilmu agama seperti menjadi tempat pengajian bagi ibu-ibu majelis taklim,” ujarnya.

Sementara, Bupati Adnan mengungkapkan, peletakan batu pertama untuk pembangunan Masjid H. Ichsan Yasin Limpo dilakukan bertepatan dengan 100 hari wafatnya Almarhum IYL. Rencana dibangunnya masjid ini juga atas inisiatif dari ibunda Bupati Adnan.

“Allhamdulilah seluruh anggaran pembangunan masjid ini bukan menggunakan dana pemerintah daerah tetapi murni dari harta Ayahanda Ichsan Yasin Limpo. Terima kasih juga kepada masyarakat setempat yang bersedia penuh menggunakan nama almarhum sebagai nama masjid ini nantinya,” terangnya.

Dipilihnya wilayah tersebut sebagai lokasi pembangunan masjid berdasarkan hasil survei yang dilakukan atas bantuan seluruh pihak. Pihaknya terlebih dahulu melakukan pengamatan di sejumlah masjid yang ada di Kecamatan Bontonompo maupun Bontonompo Selatan.

“Dari hasil survei kita sangat melihat bahwa masyarakat di sini sangat rajin beribadah. Terbukti hampir setiap salat fardhu berjamaah saf-safnya penuh, karena buat apa masjid itu besar jika jama’ahnya berkurang,” tegasnya.

Ia pun berharap, dengan hadirnya masjid tersebut bukan semakin membuat jamaah berkurang, tetapi justru membuat jamaahnya semakin banyak. Kebiasaan masyarakat untuk melaksanakan salat berjamaah semakin meningkat pula.

“Manfaatkan masjid ini untuk tempat beribadah yang khusyuk. Saya pun meminta dengan kerendahan hati untuk dititipkan doa kepada ayahanda tercinta setelah melakukan salat,” tutup Bupati Adnan.(*)