Pemerintah Kabupaten Gowa mulai melakukan penanaman pohon di sepanjang Pedestarian Sungguminasa yang saat ini sementara tahap pengerjaan.

1.154 Pohon Bakal Ditanam di Sepanjang Pedestrian Sungguminasa

Minggu, 10 November 2019 | 15:00 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten Gowa mulai melakukan penanaman pohon di sepanjang Pedestarian Sungguminasa yang saat ini sementara tahap pengerjaan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gowa, Muh Mundoap menyebutkan bahwa jumlah pohon yang akan ditanam sebanyak 1.154 pohon.

muhammad-ismak

Mundoap menyebutkan ada 3 jenis pohon yang ditanam di tiga ruas Jalan yang menjadi lokasi pembangunan pedestrian. Seperti pada ruas Jalan Hasanuddin sepanjang 2.160 meter akan ditanam 217 pohon Flamboyan dengan jarak dari pohon satu ke pohon lainnya sekitar 8 meter.

Kemudian ruas Jalan Tumanurung akan ditanam 3.03 pohon Tabebuya sepanjang 1.560 meter dengan jarak 5 meter. Sementara di ruas Jalan Masjid Raya akan ditanam 634 pohon Damar sepanjang 3.168 meter dengan jarak 5 meter.

“Anggaran pengadaan pohon tersebut berasal dari sumbangan dan APBD 2019. Adapun 308 pohon dari sumbangan 78 SKPD dan 800 pohon melalui anggaran daerah,” kata Mundoap.

Mundoap juga menjelaskan bahwa penanaman tersebut sebagai langkah mewujudkan pembangunan pedestrian yang indah, asri dan nyaman serta segar dipandang mata, dan tentunya aman terhadap pejalan kaki yang memakai jalur pedestrian tersebut.

“Dibentuknya pedestrian Kota Sungguminasa sebagai langkah untuk menyediakan kawasan ruang terbuka hijau (RTH) atau jalur hijau yang memiliki ciri khas daerah serta aksentuasi atau daya tarik guna mendukung efektivitas kenyamanan serta keterpaduan harmonisasi dan penyelenggaraan RTH,”

Sementara untuk, target penyelesaian, Mundoap menambahkan penanaman pohon akan selesai akhir Desember tahun ini. “Jangka waktu penanaman pohon pada pedestrian Kota Sungguminasa ini kami targetkan dapat selesai hingga akhir Desember 2019 mendatang,” tambahnya.(*)


BACA JUGA