Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, H. Muchlis membuka Seminar Pengembangan Jaringan Kelitbangan Daerah, Regional dan Nasional di Hotel Tree Makassar, Rabu (13/11/2019)

Buka Seminar Kelitbangan, Ini Harapan Sekda Gowa

Rabu, 13 November 2019 | 22:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, H. Muchlis membuka Seminar Pengembangan Jaringan Kelitbangan Daerah, Regional dan Nasional di Hotel Tree Makassar, Rabu (13/11/2019). 

Dalam sambutannya, H. Muchlis menjelaskan bahwa dalam Undang-undang (UU) Nomor 23/2014 tentang pemerintahan daerah pada pasal 2019 dinyatakan peran Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) sebagai penunjang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah di bidang litbang. 

Ia menyebutkan bahwa Jaringan Kelitbangan tersebut bertujuan membangun kesepahaman antar pelaku dan lembaga litbang dalam mendorong komunikasi antar komunitas Kelitbangan di daerah. Salah satunya di Kabupaten Gowa. 

“Pertemuan hari ini kita membahas bagaimana teori-teori yang harus dilakukan dalam mengembangkan jaringan Kelitbangan khususnya di daerah. Seminar kali ini sebagai titik awal untuk ditindaklanjuti dengan baik,” kata H. Muchlis.



Olehnya itu, ia berharap jaringan Kelitbangan dapat menciptakan suatu proses sinergi dalam perumusan kebijakan dan pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang. Sehingga, hal ini dapat menjadi jembatan antara fungsi pengkajian dan perumusan kebijakan dengan fungsi implementasi kebijakan. 

“Saya harap seluruh SKPD lingkup Pemkab Gowa hingga jajaran pemerintah kecamatan dapat melakukan inovasi dalam bentuk pengembangan jaringan Kelitbangan. Kabupaten Gowa harus bisa menjadi pelopor untuk dijadikan contoh bagi daerah-daerah lainnya,” terangnya. 

Ia juga menjelaskan, beberapa titik lainnya yang perlu diperkuat di dalam jaringan Kelitbangan adalah sumber daya manusia (SDM), anggaran dan program yang berkualitas. Dalam hal ini SDM mengarahkan pola pikir seluruh pora karir jajaran ASN ke fungsional peneliti, meningkatkan kesejahteraan fungsional peniliti agar lebih menarik dan mempermudah proses menuju fungsional peneliti. 

“Perlu juga dikembangkan dengan berbagai diklat yang ditujukan kepada para peneliti yang bersifat teknis maupun penyegaran. Tak lupa pula memberikan pengetahuan bagaimana cara mendesain bentuk-bentuk jaringan yang dapat disinergikan dengan program-program SKPD hingga ke kecamatan,” tutup H Muchlis. 

Sementara, Kepala Balitbangda Gowa, Abd. Salam mengatakan, pada seminar tersebut diikuti sekitar 100 peserta yang terdiri dari masing-masing SKPD dan pemerintah kecamatan. 

Adapun lingkup kegiatan Kelitbangan daerah meliputi tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, sosial kemasyarakatan, ekonomi dan pembangunan daerah, infrastruktur dan pengembangan wilayah, inovasi dan teknologi serta koordinasi Kelitbangan.(*)