Pendidikan dan Pelatihan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD)-RPJMD yang berlangsung sejak 5 Oktober hingga 15 Oktober 2019 di Aula Gedung P2KP Unhas

25 Pejabat Pemkab Gowa Selesaikan Draft Rancangan Awal RPJMD 2021-2024

Sabtu, 16 November 2019 | 21:24 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sebanyak 25 pejabat perencanaan lingkup Pemkab Gowa berhasil menyusun draft rancangan awal Rencana Pembangunan Jangan Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Kabupaten Gowa untuk periode 2021-2024. 25 pejabat tersebut merupakan peserta kelas khusus pendidikan dan pelatihan RPJMD (DPP-RPJMD).

Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama antara Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa bersama Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan (P2KP) Unhas dan Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencanaan Badan Pusat Perencanaan Nasional (Pusbindiklatren Bappennas) yang berlangsung sejak 5 Oktober hingga 15 Oktober 2019 di Aula Gedung P2KP Unhas.

muhammad-ismak

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa H. Muchlis yang menutup kegiatan tersebut, menyampaikan kebanggaannya kepada para peserta pejabat perencanaan yang berhasil menyusun dan membuat rancangan awal RPJMD Kabupaten Gowa.

“Ini adalah suatu kebanggaan bagi kami, karena seluruh perencana di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) berhasil membuat amunisi, agar kedepannya kinerja seluruh perangkat perencana dapat berjalan maksimal,” kata H. Muchlis.

Ia berharap, draft perencanaan awal RPJMD tersebut harus terus di awal dan dipantau, terutama bagaimana agar sumber daya manusia (SDM) yang diciptakan dapat mengawal seluruh perencanaan OPD.

“Kami berharap ini mendapatkan pengawalan dengan cukup baik. Draft rancangan ini harus terus didampingi hingga menjadi hal yang paripurna, utamanya pasca proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 2021 mendatang,” tegasnya.

Sementara Kepala Bappeda Gowa Taufik Mursad mengatakan, RPJMD tersebut disusun dengan menggunakan pendekatan teknokratik politik, partisipatif, top dwon dan bottom up.  

“Penyusunan draft rancangan awal RPJMD Kabupaten Gowa 2021-2024 ini menekankan pada fokus tahap keempat dari RPJMD Kabupaten Gowa 2005-2025 yaitu melanjutkan dan menyempurnakan pembangunan yang telah dilakukan pada titik awal di berbagai awal bidang pembangunan,” ujarnya.

Draft rancangan awal RPJMD Kabupaten Gowa 2021-2024 dibentuk untuk lebih memantapkan perwujudan daerah berjuluk Butta Bersejarah tersebut agar mampu menciptakan pemerintahan yang baik, mengoptimalkan potensi daerah dengan berwawasan lingkungan, memiliki SDM berkualitas hingga mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara merata.

“Terima kasih untuk seluruh pihak atas kerjasamanya. Terima kasih karena telah bekerja keras demi jalannya kegiatan ini dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Taufik menyebutkan, rencananya draft awal rancangan RPJMD Kabupaten Gowa Tahun 2021-2024 tersebut juga akan disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menjadi bahan visi dan misi calon bupati dan wakil bupati. Olehnya, pada proses penyempurnaannya seluruh pihak bekerja bersama-sama.(*)


BACA JUGA