Jumpa pers terkait penyesuaian tarif tol PT Jalan Tol Seksi Empat, berlangsung di meeting room PT JTSE, Menara bosowa, Lantai 4, Senin (18/11/2019)

Jalan Tol Makassar Seksi IV Berlakukan Tarif Baru Mulai 22 November

Senin, 18 November 2019 | 13:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE) yang merupakan usaha dari PT Margautama Nusantara (MUN) sekaligus sebagai operator pengelola Jalan Tol Seksi IV, Makassar akan memberlakukan penyesuaian tarif tol. Tarif baru tersebut akan diberlakukan mulai 22 November 2019 pukul 00.00 Wita.

“Saat ini yang akan mengalami penyesuaian tarif yaitu PT Jalan Tol Seksi IV. Mulai dari jembatan sampai bundaran (simpang Mandai). Penyesuaian yang lalu itu pada tanggal 12 Oktober 2017, jadi sebenarnya penyesuaian ini sudah tertunda lebih satu bulan,” ujar Anwar Toha selaku Direktur Utama PT Jalan Tol Seksi IV (JTSE), Senin (18/11/2019).

Penyesuaian tarif ini sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 1076/KPTP/M/2019 tentang penyesuaian tarif tol pada rruas Jalan Tol Makassar Seksi IV. Keputusan ini juga telah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang telah dievaluasi dan ditetapkan oleh Pemerintah.

“Penyesuaian tarif ini dilakukan setiap dua tahun berdasarkan regulasi yang berlaku yakni tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruh inflasi,” tambahnya.

Penyesuaian tarif akan diberlakukan untuk seluruh golongan kendaraan yang melintasi Jalan Tol Seksi IV, Makassar. Kendaraan golongan I, II, dan IV mengalami kenaikan rata-rata sebesar 9,15%, sedangkan untuk golongan III dan V mengalami penurunan rata-rata 9,88%.

Untuk tarif kendaraan golongan I Ramp Parangloe, Ramp Bira Timur dan Ramp Bira Barat tidak mengalami perubahan atau tetap seperti tarif sebelumnya. Sementara untuk Ramp Tamalanrea dan Ramp Biringkanaya dari Rp9.000 menjadi Rp10.000.

Tarif tol baru yang diberlakukan PT Jalan Tol Seksi Empat

Sementara itu, Safran Usro selaku Komisaris Utama PT JTSE juga mengatakan bahwa tak hanya PT JTSE, penyesuaian tarif tol juga akan diberlakukan oleh PT Bosowa Marga Nusantara (BMN).

“Tol ada dua ruas, ada yang menuju ke airport itu PT Jalan Tol Seksi IV, ada yang dari pelabuhan menuju ke Pettarani itu PT Bosowa Marga Nusantara. Yang naik sekarang ini adalah yang menuju ke airport, PT JTSE. Insya Allah yang dari pelabuhan menuju Pettarani Desember bulan depan akan ada penyesuaian juga,” tutupnya.(*)