Komando Resort Militer 141 Toddopuli, Kodam XIV Hasanuddin menggelar Apel Kesiapan Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Halaman Kantor Bupati Gowa, Selasa (19/11/2019)

Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Dilaksanakan di Gowa

Selasa, 19 November 2019 | 16:41 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Komando Resort Militer 141 Toddopuli, Kodam XIV Hasanuddin menggelar Apel Kesiapan Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Halaman Kantor Bupati Gowa, Selasa (19/11/2019).

Apel tersebut melibatkan tim gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Basarnas, Badan Penaggulanagn Bencana Daerah (BPBD), Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Pemadam Kebakaran (Damkar).

pt-vale-indonesia

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, H. Muchlis mengatakan yang bertindak sebagai Inspektur Upacara mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakuan untuk mengukur tingkat kesiapan dalam penanggulangan bencana yang mungkin terjadi di Kabupaten Gowa.

Muchlis menilai bahwa Kabupaten Gowa salah satu daerah di Sulsel yang rawan terjadi bencana alam banjir dan longsor. Kondisi tersebut bisa terjadi saat hujan deras khususnya wilayah-wilayah yang dilintasi sungai-sungai besar.

“Mengukur tingkat kesiapan dalam penanggulangan bencana maka kegiatan ini digelar agar penanganan, terutama terkait dengan penyelamatan korban dan pengungsi berjalan sesuai dengan protap yang ada,” kata Muchlis saat membacakan sambutan Korem 141 Toddopuli, Suwarno.

Olehnya itu, Muchlis berharap kegiatan mampu memantapkan peran dan kemampuan personil Korem 141 Toddopuli khususnya personel Kodim 1409 Gowa maupun instansi terkait, dalam penanggulangan bencana.

Ia juga mengingatkan kepada pihak penyelenggara agar pelaksanaan simulasi tersebut dilaksanakan dengan benar, perhatikan faktor keamanan baik personil maupun materil.

“Jika masih ada terdapat kekurangan segera dibenahi dan diarahkan sesuai ketentuan yang berlaku,” tandasnya.(*)