Ini Tiga Instansi di Gowa Mengalami Kenaikan Gaji Honorer Tahun 2020

Kamis, 21 November 2019 | 09:09 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa tahun 2020 mendatang akan menaikkan gaji honorer. Hal tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja para tenaga honorer di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa.

Hanya saja, kata Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyebutkan, untuk langkah awal ada tiga instansi yang gaji tenaga honornya akan dinaikkan. Antara lain, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemadam Kebakaran dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). 

pt-vale-indonesia

“Pada Rancangan APBD 2020 saya menganggarkan untuk kenaikan honorer Satpol PP, honor Petugas Damkar dan honor petugas kebersihan dari DLH. Selain itu, di tahun mendatang saya juga berencana menaikkan honor dari tenaga honorer lainnya, termasuk Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) dari para ASN,” katanya belum lama ini. 

Menurut Bupati Adnan, dengan kenaikan honor tersebut diharapkan dapat mendorong kinerjanya agar semakin lebih bagus lagi. Terutamanya para Satpol PP agar ke depan tidak ada lagi yang berani memberikan izin atau memback up seluruh pedagang kaki lima (PKL). 

“Saya tidak segan memberikan sangsi bagi yang ditemukan melanggar berupa teguran keras dan mutasi ke wilayah dataran tinggi bagi mereka yang ASN dan pemberhentian kontrak di waktu itu juga bagi seluruh tenaga non-ASN atau honorer,” katanya lagi. 

Terpisah, Kasatpol PP Kabupaten Gowa Alimuddin Tiro menyampaikan apresiasinya atas kebijakan dari Bapak Bupati Gowa. 

“Kami sangat berterimakasih atas kenaikan honor untuk tenaga honorer kami. Honor mereka naik rata-rata Rp500 ribu per orang, ini di luar dari uang makan, uang patroli, dan jaminan BPJS Ketenagakerjaan,” katanya. 

Ia menyebutkan, untuk jumlah tenaga honorer bagian Satpol PP sebanyak 672 orang yang terdiri dari 170 satpol kabupaten dan 500 satpol pendidikan yang ada di sekolah-sekolah. Khusus kenaikan honor di Satpol Pendidikan akan menggunakan anggaran dari Dinas Pendidikan Gowa. 

“Kenaikan honor mereka diharapkan menjadi motivasi khususnya bagi satpol kabupaten dalam ini para satpol pasukan reaksi cepat (PCT) atau yang biasanya melakukan penertiban, dan yang ada di pos-pos penjagaan,” ujarnya. 

Hal senada juga diungkapkan Kadis Damkar Gowa Rostam Razak. Dirinya pun menyampaikan terimakasihnya atas kebijakan Bapak Bupati Gowa tersebut. 

“Kami sangat berterimakasih atas kebijakan pemerintah daerah untuk menaikkan honor dari tenaga honorer kami. Semoga ini bisa semakin meningkat kinerja mereka,” ucapnya. 

Ia mengatakan, jumlah tenaga honorer yang ada di lingkup Damkar Gowa sebanyak 68 orang yang terdiri dari pertugas dan staf. Sebelumnya honor para tenaga honorer tersebut hanya Rp800 ribu, melalui kebijakan baru tersebut nantinya honor mereka akan dinaikkan sekitar Rp1 juta. 

Sementara, Kadis Lingkungan Hidup Gowa Marzuki mengatakan, dengan adanya kebijakan yang disampaikan Bapak Bupati Gowa bahwa pada APBD 2020 mendatang ada kenaikan upah bagi para petugas kebersihan maka pihaknya sangat menyampaikan terima kasih. 

Untuk saat ini upah dari petugas kebersihan di bawah lingkup DLH bentuknya bervariasi sesuai dengan jenjang kerja mereka. 

“Kenaikan upah ini tentunya membuktikan bahwa Bapak Bupati Gowa memberikan perhatian khusus kepada petugas kebersihan kami. Dengan kenaikan ini kita harapkan dapat seimbang dengan kinerja para petugas kebersihan di lapangan nantinya, mereka akan lebih semangat dan disiplin saat melaksanakan tugas,” katanya. 

Adapun jumlah petugas kebersihan yang akan dinaikkan honornya sebanyak 281 orang yang sudah termasuk petugas kebersihan, petugas taman, petugas drainase, dan petugas tempat pembuangan akhir (TPA).(*)