FOTO: Sekda Gowa, H. Muchlis saat membuka kegiatan Pesta Rakyat BRI di Lapangan Sultan Hasanuddin, Gowa/Minggu, 24 November 2019/Junaid/GOSULSEL.COM

Pemkab Ajak BRI Dukungan Program UMKM di Gowa

Senin, 25 November 2019 | 17:23 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten Gowa mengajak perbankan salah satunya Bank BRI untuk ikut berpartisipasi dalam program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) unggulan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, H. Muchlis mengajak perbankan ikut berpartisipasi didalamnya ketika membuka Pesta Rakyat  Simpedes BRI, di Lapangan Sultan Hasanuddin, Jalan Tumanurung Gowa, Minggu (24/11/2019).

” Seiiring dengan apa yang menjadi salah satu program pemerintah Gowa yang dalam lima tahun terakhir mengagendakan, bagaimana mengembangkan produk UMKM unggulan disetiap desa. Sehingga ini menjadi lahan yang menarik untuk perbankan,” ujar Muchlis.

Beragam peranan perbankan yang bisa dilakukan untuk ikut andil dalam menyukseskan kegiatan pemerintah. Seperti melalui kegiatan tersebut, perbankan bisa melatih teman-teman yang ada di Bumdes. 



“Mengajarkan pelaku bisnis melakukan transaksi yang aman dan mengelola bisnis dengan baik. Diharapkan dapat menumbuhkan ekonomi ditingkat paling bawah,” ungkapnya.

Menjangkau jaringan paling bawah di desa sejalan dengan BRI yang mempunyai jaringan unit hingga tingkat bawah.

Menurut Muchlis yang juga merupakan ketua Indonesia Marketing Asosiation (IMA) Gowa tersebut BRI memiliki kelebihan menjadi potensi unggul untuk ikut berperan. 

“Melalui jejaring BRI sampai ke lini paling bawah, diharapkan bisa mendukung setiap program pemerintah Gowa. Karena beberapa dekade tahun lalu, disalah satu wilayah kecamatan bersama dengan BRI kita rintis UMKM yang berbasis keuangan mikro dan sampai sekarang mampu berjalan dengan baik,” jelasnya.

Diketahui acara Pesta Rakyat BRI tersebut merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada masyarakat Gowa pada umumnya dan terkhusus pada nasabah tercinta.

Pesta Rakyat tersebut dilaksanakan dengan konsep 6 P yakni pawai, pasar, panggung, panen, peduli dan pojok selfi. (*)


BACA JUGA