Fraksi Perindo, Irmawati Khaeruddin

Sampaikan Pandangan Umumnya, Ini Saran Fraksi Perindo Terhadap Ranperda APBD 2020

Selasa, 26 November 2019 | 20:57 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Sebanyak 8 (delapan) fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa menggelar Rapat Paripurna tentang Pandangan Umum fraksi-fraksi terkait Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kabupaten Gowa untuk Tahun Anggaran 2020.

Salah satu fraksi yang menyampaikan pandangannya yaitu dari Fraksi Perindo. Penyampaian pandangan disampaikan oleh Irmawati Khaeruddin.

Dalam pemaparannya, Irmawati Khaeruddin menyampaikan sejumlah masukan perlunya pemerintah daerah melakukan analisis sektor basis perekonomian daerah, analisis sumber daya manusia.

Irmawati Khaeruddin juga menyampaikan adanya anggaraan riil yang digunakan pada peningkatan sektor perekonomian masyarakat yang memiliki cakupan luas dan menyeluruh.



“Perlu juga adanya perhatian terhadap berbagai dokumen perencanaan yang merupakan hasil dari musyawarah dari berbagai tingkatan. Terakhir melakukan analisis beban efek untuk melihat kondisi dan kemampuan masyarakat dalam berbagai aturan yang terlibat langsung dalam pembangunan,” ujarnya.

Sementara itu, menanggapi fraksi yang memberikan pandangan umumnya, Wakil Bupati Gowa memberi kesempatan anggota DPRD meminta penjelasan teknis di pembahasan.

“Segala pertanyaan dari anggota DPRD akan dijawab secara teknis melalui pembahasan tingkat Badan Anggaran dengan TAPD. Bahkan kami akanĀ  mengikutsertakan SKPD teknis bilamana dibutuhkan,” jelas Wabup Gowa.

Ia juga menyampaikan bahwa segala saran, masukan dan kritikan yang membangun untuk menjadikan Kabupaten Gowa menjadi lebih baik, akan dijadikan bahan masukan untuk Pemkab Gowa agar semakin baik di masa akan datang.

Adapun Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Gowa Tahun Anggaran (TA) 2020 diproyeksikan Rp2.021.265.349.856 atau naik sekitar 7,85 persen dari anggaran tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp1.873.798.264.276.(*)


BACA JUGA