Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Magelang Provinsi Jawa Tengah Selatan melakukan Kunjungan Kerja di Kabupaten Gowa

Belajar Tentang Pemerintahan, Komisi A DPRD Kota Magelang Berkunjung ke Gowa

Rabu, 27 November 2019 | 19:23 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Magelang Provinsi Jawa Tengah Selatan melakukan Kunjungan Kerja di Kabupaten Gowa. Rombongan sebanyak 23 orang itu diterima langsung Asisten Bidang Pemerintahan Kabupaten Gowa, Muhammad Rusdi, di Aula Kantor Bappeda, Rabu (27/11/2019).

Pimpinan Rombongan sekaligus Ketua Komisi A, Iwan Suradmoko mengatakan kunjungannya ke Kabupaten Gowa untuk mempelajari mengenai pemerintahan khususnya perencanaan pembangunan, kependudukan, penegakan perda, pelayanan publik, dan bidang pemerintahan lainnya.

“Secara spesifik kami datang ke sini saling bertukar pikiran terkait peningkatan kinerja OPD dalam mendukung visi misi kepala daerah dalam bidang pemerintahan seperti perencanaan, dan lainnya,” ungkapnya.

Dijelaskan Iwan, hal utama yang menginspirasi pihaknya ingin berkunjung ke Kabupaten Gowa terkait perencanaan pembangunan dan pelayanan publik yang sangat pro dengan rakyat atau masyarakatnya.



“Kami mendengar hal itu makanya selain di Makassar kita juga ke Gowa,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan Kabupaten Gowa, Muhammad Rusdi menyampaikan rasa terimakasihnya ke DPRD Magelang atas kunjungannya dan membeberkan program prioritas pembangunan Kabupaten Gowa sesuai dengan RPJMD yang telah diperdakan.

Adapun program tersebut yakni bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pertanian dan umkm. Kelima prioritas itu kemudian dijabarkan lagi ke dalam program-program kerja yang teknis pelaksanaannya diserahkan dan dilaksanakan oleh OPD terkait.

“Pemkab Gowa terus berbenah agar dapat menjaga keberhasilan pembangunan secara berkelanjutan, misalnya dalam pemerintahan sebelumnya melalui progran kesehatan dan pendidikan gratis yang dilakukan umtuk menjamin terpenuhnya hak dasar masyarakat,” bebernya.

Olehnya, dirinya berharap melalui kunjungan tersebut, DPRD Magelang bisa menjalin kerjasama dan kebersamaan yang baik, serta bisa mempelajari kelebihan pada masing-masing daerah.

Pada kunjungan kerja tersebut, turut dihadiri Kepala Badan Kesbangpol, Kepala Badan Penelitian Kabupaten Gowa, Sekretaris Bappeda, dan SKPD terkait.(*)


BACA JUGA