Sekprov Sulawesi Selatan, Abdul Hayat membuka secara resmi Rapat Koordinasi Evaluasi APBD kabupaten/kota Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2019 di d’Maleo Hotel Makassar, Rabu (27/11/2019) pagi

Sekprov Tekankan Pentingnya Efektivitas dan Efisiensi Penggunaan Anggaran

Rabu, 27 November 2019 | 18:57 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulawesi Selatan, Abdul Hayat membuka secara resmi Rapat Koordinasi Evaluasi APBD kabupaten/kota Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2019 di d’Maleo Hotel Makassar, Rabu (27/11/2019) pagi.

Rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh Biro Pembangunan dan Pengadaan Barang/Jasa Setda Provinsi Sulawesi Selatan bertujuan untuk mengukur evaluasi pelaksanaan kegiatan APBD Kabupaten-Kota Tahun Anggaran 2019 se-Sulawesi Selatan.

Ditemui selepas membuka acara, Abdul Hayat mengatakan bahwa rapat koordinasi tersebut terlaksana berdasarkan pada pedoman penggunaan anggaran daerah.

“Melalui pedoman, harus tersosialisasi dan terevaluasi dengan baik. Tujuannya adalah agar anggaran negara yang kita dapatkan dari masyarakat, tiba kembali ke masyarakat sesuai dengan peruntukannya, itu esensinya,” kata Abdul Hayat.



Lebih lanjut Abdul Hayat menyebutkan, pertimbangan efisiensi dan efektivitas harus dikedepankan dalam penggunaan anggaran, sehingga kabupaten/kota harus selalu melakukan pendampingan atau asistensi untuk perbaikan-perbaikan ke depan.

“Setiap tahun ada saja lingkungan strategis yang berubah, karena perkembangan masyarakat yang sangat cepat, antisipasinya adalah evaluasi. Kalau evaluasinya terlambat, tentu keputusannya juga kurang akurat, maka kita melaksanakan kegiatan hari ini untuk memastikan serapan anggaran, pelaksanaan kegiatan di daerah tepat sasaran sesuai yang kita inginkan,” lanjutnya.

Terkait anggaran yang masih tersisa sekitar Rp1 Triliun lebih, Abdul Hayat mengatakan bahwa sebagian besar memang belum terbayarkan.

“Ada memang 1 triliun, lebih malah, tetapi pada posisi akhir November dan Desember nanti masih banyak kegiatan yang sudah dan akan dilakukan, tinggal pencairan dana kepada pihak ketiga yang belum terlaksana dengan baik. Arahan pak Gubernur untuk itu sudah tepat, tinggal kita stafnya memberikan tela’ah untuk mendorong itu semua, ketepatan penggunaan itu,” tutup Abdul Hayat.(*)


BACA JUGA