Sebanyak 400 pesepeda berpartisipasi dalam misi sosial Indonesia Critical Mass yang dilakukan pada hari Jumat, 29 November 2019 di Plaza Barat Trans Studio Mall Makassar

Mengayuh Misi Sosial Indonesia Critical Mass di TSM Makassar

Sabtu, 30 November 2019 | 08:48 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Sebanyak 400 pesepeda berpartisipasi dalam misi sosial Indonesia Critical Mass yang dilakukan pada hari Jumat, 29 November 2019 di Plaza Barat Trans Studio Mall Makassar.

Indonesia Critical Mass merupakan gerakan independen bersepeda di hari Jumat terakhir setiap bulannya yang diinisiasi oleh para pengguna sepeda untuk menyuarakan hak sesama pengguna jalan raya, di mana sering terjadi diskriminasi terhadap pejalan kaki dan khususnya pesepeda bahkan hingga terjadi kecelakaan juga untuk mengkampanyekan penggunaan sepeda di kota untuk mengurangi polusi.

muhammad-ismak

Sebelum finish di Trans Studio Mall Makassar, sebanyak 400 pesepeda melalui rute Jalan Jenderal Sudirman – Jenderal M Jusuf – Veteran – Dr. Sam Ratulangi – H. Bau – Metro Tanjung Bunga.

Dipilihnya Trans Studio Mall Makassar sebagai titik finish night ride Indonesia Critical Mass mengingat mal ini selalu ramai dikunjungi pengunjung dari berbagai kalangan.

“Setelah kami rembukkan kita putuskan memilih finish di Trans Mall karena tempat ini rame dikunjungi masyarakat Makassar. Semoga dengan kami hadir di sana dengan berbagai jenis sepeda ada yang tergugah hatinya untuk bersepeda kembali,” ungkap Muh Fikri dari komunitas Makassar FixedGear.

Kegiatan ini pertama kali mendunia dan dilakukan oleh masyarakat Sans Fansisco, Amerika Serikat pada tanggal 25 September 1992 lalu berkembang menjadi kegiatan rutin setiap bulan pada hari Jumat terakhir, dimulai petang hari hingga malam.

Di Indonesia kegiatan ini digagas oleh para pengguna sepeda Fixed Gear yaitu IDFixed (Indonesian Fixed Gear) pada bulan Februari 2012 dan dalam sekejap diikuti oleh beberapa kota lainnya seperti Makassar, Yogyakarta, Banjarmasin, Solo, Bandung dan Bogor.

“Kami menyambut baik kehadiran 400 pesepeda yang finish di sini setelah menyelesaikan rute night ride-nya berkeliling kota Makassar. Kegiatan ini masih menjadi bagian dari rangkaian Trans Autovaganza 2019,” ungkap Radi Agustian, Marcomm Manager TSM Makassar.

Trans Autovaganza sendiri masih akan berlangsung hingga 8 Desember 2019. Anda juga berkesempatan memenangkan Grand Prize 1 unit sepeda motor Yamaha Lexi cukup dengan melakukan transaksi SPK dan langsung mendapatkan satu voucher lucky draw yang akan diundi pada akhir periode pameran.(*)