FOTO: Grafik hasil survei Saifulmujani Research and Consulting yang beredar di media sosial, tentang elektabilitas bakal calon Bupati Bulukumba jika disimulasikan 9 calon/ist
#

Bocoran Survei SMRC, Tomy Satria Unggul di Semua Simulasi

Minggu, 01 Desember 2019 | 08:45 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Beredar hasil survei Saifulmujani Reserch and Consulting tentang perilaku politik masyarakat Bulukumba jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bulukumba tahun 2020 mendatang. Hasilnya elektabilitas Tomy Satria Unggul dan konsisten diposisi teratas.

Meskipun disimulasikan mulai dari dua hingga sembilan calon, tingkat keterpilihan Tomy Satria tetap konsisten. Tidak ada pesaing yang mampu melewati keterpilihan Tomy Satria jika Pilkada digelar saat survei dilakukan.

pt-vale-indonesia

Dari draft digital yang beredar, simulasi sembilan nama elektabilitas Tomy Satria berada diangka 37.1 persen. Disusul berturut-turut; Askar HL 23.7 persen, Andi Hamzah Pangki 5.4 persen, Arum Spink 4.9 persen, Andi Edy Manaf 3.2 persen, Andi Muchtar Ali Yusuf 2.7 persen, Andi Murniati Makking 0.2 persen, Andi Bau Amal 0.2 persen dan Syahruni Haris 0.0 persen. Sementara yang tidak memberikan jawaban 22.7 persen.

Untuk simulasi tujuh pasangan calon elektabilitas Tomy Satria 38.5 persen. Disusul berturut-turut; Askar HL 25.9 persen, Andi Hamzah Pangki 5.6 persen, Andi Edy Manaf 3.2 persen, Andi Muchtar Ali Yusuf 2.7 persen, Andi Murniati Makking 0.2 persen, Syahruni Haris 0.0 persen dan yang tidak memberikan jawaban sebanyak 23.9 persen.

FOTO: Grafik hasil survei Saifulmujani Research and Consulting yang beredar di media sosial, tentang elektabilitas bakal calon Bupati Bulukumba jika disimulasikan sebanyak tujuh calon/ist

Koordinator SMRC Wilayah Sulawesi, Riswandi Atto Taroempoe yang dikonfirmasi tidak membantah hasil survei itu, namun dia juga enggan memberikan keterangan pembenaran. Dia beralasan baru saja melihat hasil yang berseleweran itu.

Meski begitu, dia membenarkan bahwa tim riset SMRC memang sudah turun di Kabupaten Bulukumba. “Iya, kita memang pernah turun,” kata Atto sapaan akrabnya, Sabtu malam (1/12/2019).

Pada bagian kesimpulan dan saran survei tersebut menyebutkan, saingan terdekat Tomy Satria adalah Askar HL yang mendapat dukungan antara 23,7 persen hingga 34,4 persen.

“Di semua simulasi pilihan tertutup (9-2 nama calon bupati Tomy Satria Yulianto mendapatkan dukungan tertinggi. Dykungan yang didapat Tomy Satria Yulianto di semua simulasi tersebut sekitar 37,1 persen – 40,2 persen,” kesimpulan dan saran yang dikutip dari draft digital SMRC.

Kesimpulan lain, Tomy Satria sampai saat survei dilakukan mempunyai peluang paling besar untuk mempertahankan kursi bupati. Hanya saja dengan angka itu dukungan kepada Tomy Satria belum istimewa.

“Sedangkan dari lima citra; perhatian pada rakyat, jujur, bisa dipercaya dan bersih dari korupsi, tegas dan berwibawa, Mampu memimpin yang dimiliki Tomy Satria lebih tinggi dibanding Askar HL. Inilah yang menjelaskan elektabilitas Tomy Satria sementara lebih tinggi dibanding Askar HL,” kalimat yang dikutip dari kesimpulan survei.(*)


BACA JUGA