Holland Scholarship Info Session Makassar yang berlangsung di Ruang Molar lantai 1 Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Hasanuddin (Unhas)

Nuffic Neso Indonesia Jalin Kerjasama dengan Unhas dan Pemprov Sulsel

Senin, 02 Desember 2019 | 20:51 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Nuffic Neso Indonesia melakukan kunjungan ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan dalam rangka mengadakan audiensi kerjasama dengan kampus Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar, pemerintah provinsi Sulawesi Selatan dan mengadakan Holland alumni gathering bagi alumni Belanda di kota tersebut. Program ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan (series activities) dari perayaan 20 tahun anniversary program beasiswa StuNed (Studeren in Nederland) di Indonesia.

Ruang lingkup kerjasama Neso Indonesia dengan kampus UNHAS dan Pemprov Sulawesi Selatan lebih ditekankan kepada kerjasama di bidang internasionalisasi Pendidikan dan optimalisasi peran dan kontribusi alumni Belanda.

pt-vale-indonesia

Output dari kerjasama ini diharapkan akan semakin banyak lagi masyarakat Sulawesi Selatan yang berkesempatan mengenyam pendidikan dan pengalaman di berbagai instansi pendidikan di Belanda agar nantinya bisa berkolaborasi dengan alumni Belanda yang sudah ada di Sulawesi Selatan (HANCE: Holland alumni network Celebes) dalam mendukung dan membantu setiap usaha yang berorientasi pada pengembangan potensi sumber daya manusia (SDM) dan optimalisasi pembangunan daerah.

Nuffic Neso Indonesia disambut dengan hangat oleh Rektor Universitas Hasanuddin Makassar, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A., “Belanda merupakan salah satu destinasi negara terbaik untuk studi kedepanya’. Bagi UNHAS pun, ini adalah peluang yang sangat baik bagi para alumni yang ingin studi di Belanda. Koneksi langsung dengan NESO Indonesia memungkinkan kemudahan untuk mengirim putra terbaik daerah, ini tentunya juga bisa dilakukan dengan bekerjasama dengan pemerintah daerah, mulai dari tahap seleksi kandidat penerima beasiswa misalnya,” ujar Rektor Universitas Hasanuddin Makassar, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A.

Neso Indonesia pun tentunya menyambut baik kerjasama dengan pihak UNHAS dan Pemerintah Sulawesi Selatan tersebut.

Selain mengadakan dua kegiatan utama di atas, Neso Indonesia juga terlebih dahulu mengadakan kegiatan diseminasi (road show) dengan tajuk ’Holland Scholarship Info Session Makassar’ di dua universitas ternama di Kota Makassar, Universitas Hasanuddin Makassar dan Universitas Negeri Makassar (UNM). Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan penjelasan langsung mengenai program beasiswa pemerintah Belanda, khususnya program beasiswa StuNed.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin, 2 Desember 2019 dan dihadiri oleh sedikitnya 150 peserta yang terdiri dari kalangan mahasiswa, dosen/akademisi, masyarakat sipil, hingga pemerintah lokal.(*)