Hari Juang TNI AD, Kodim 1409 Tanam Ribuan Pohon

Selasa, 10 Desember 2019 | 21:26 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Kondim 1409 Kabupaten Gowa melakukan penanaman ribuan pohon di Arburetum Kayuara Salapang, Kelurahan Bontoparang Kecamatan Parangloe, Selasa (10/12/2019).
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni Kr Kio jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Gowa dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Lingkup Pemerintah Kabupaten Pemkab Gowa.
“Adapun jumlah pohon yang akan ditanam hari ini sebanyak 3000 hingga 4000 ribu pohon dari berbagai jenis. Selanjutnya pihaknya akan mensurvei lagi wilayah-wilayah hutan yang sudah gundul untuk dilakukan kegiatan yang sama,” kata Dandim 1409 Gowa, Letkol Arh Muh Syuaib.
Selain itu, Letkol Arh Muh Syuaib juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah tahap awal yang dilakukan oleh jajaran TNI AD bersama stakeholder terkait dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan alam.
Pasalnya, saat ini dimusim kemarau hampir setiap hari pihaknya menerima laporan terkait kebakaran hutan .
“Jadi setiap hari ada beberapa titik hutan di Kabupaten Gowa terjadi kebakaran. Olehnya itu untuk mencegah dan mengambalikan fungsi lahan maka kegiatan penanaman pohon hari ini terlaksana,” tambahnya.
Sementara itu, ditempatkan yang sama, Wakil Bupati Gowa H Abd Rauf Malaganni Kr Kio mengatakan hutan menjadi salah satu sumber daya penting dan vital dalam pembangunan dan keberlangsungan hidup bangsa kita. Untuk itu perlu senantiasa dijaga, dipelihara dan dikendalikan pemanfaatannya.
” Fungsi hutan sangat penting sebagai paru paru dunia, sumber ekonomi, habitat flora dan fauna, pengendali bencana, tempat penyimpanan air, dan untuk mengurangi polusi serta pencemaran udara. Oleh sebab itu, pentingnya peranan hutan bagi kehidupan yang ada di dalamnya, maka sepatutnya kita menjaga dan melestarikan hutan tersebut,” kata Rauf.(*)