FOTO; Sungai Jenneberang, lokasi tenggelamnya Bocah 13 tahun, Muh Ibnu Zakih/Kamis, 12 Desember 2019/Junaid/GOSULSEL.COM

Bocah Tewas Tenggelam di Sungai Jeneberang

Kamis, 12 Desember 2019 | 22:52 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Bocah 13 tahun, Muh Ibnu Zakih pelajar asal Jalan Andi Tonro, Makassar tewas tenggelam di Sungai Jeneberang Lingkungan Bonto Baddo Kelurahan Bontoramba Kecamatan Somba Opu Kabuapaten Gowa, Kamis (12/12/2019).

Kasubag Humas Polres Gowa, AKP M Tambunan mengatakan bahwa kejadian bermula saat Korban bersama guru dan teman – temannya menghadiri acara pernikahan adik dari gurunya Jalan Poros Malino, Lingkungan Bonto Baddo Kelurahan Bontoramba, Kecamatan Somba Opu.

muhammad-ismak

“Pada saat tiba di pesta pernikahan dan setelah menyantap makanan siang, korban bersama dengan teman-temannya pergi ke hilir sungai Jeneberang yang jarak kurang lebih 300 meter dari lokasi pesta untuk bermain sambil menaiki perahu yang terbuat dari nambu yang terletak di pinggir sungai,” jelasnya.

Lanjut AKP M Tambunan, pada saat korban tiba di hilir sungai, teman korban Wildan Ramadan sempat melarang korban untuk naik di perahu di karenakan korban tidak tahu berenang. Namun korban menghiraukan dan membuka baju dan celana sekolahnya kemudian naik ke atas perahu.

“Pada saat Perahu terdayung sejauh 2 meter dari hilir sungai, perahu tersebut mengalami kehilangan keseimbangan dan miring ke sebelah kanan sehingga mengakibatkan korban bersama dengan teman-temannya jatuh ke sungai termasuk korban,” lanjutnya.

Sementara itu, Wildan Ramadan yang melihat kejadian tersebut, langsung lompat ke sungai dan menolong temannya yang berteriak dan menangis ketakutan yaitu Puteri, Ilfah, dan Puteri sedangkan korban yang lain pada saat terjatuh sempat memegang perahu Bambu tersebut.

“Pada saat Saksi Wildan Ramadan tidak sempat menolong Korban karena pada saat itu saksi terfokus ke perempuan usai mengevakuasi 3 temannya, Saksi sudah tidak melihat Korban. Kemudian saksi kembali mencari Korban bersama dengan temannya yaitu Fadly dan Ramah. Korban di temukan sekitar 2 meter di bawah semak-semak tanaman encek gondok dari Lokasi perahu,” kata AKP M Tambunan.

Korban sempat mendapat pertolongan saat ditemukan dan sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. Namun nyawa korban tak bisa diselamatkan.

“Guru korban yang mengetahui kejadian tersebut, langsung mendatangi TKP dan membawa Korban ke Rumah Sakit Syekh Yusuf untuk mendapatkan pertolongan namun pada saat di rumah sakit, Dokter mengatakan Bahwa Korban sudah dalam keadaan Meninggal Dunia,” tambahnya.(*)


BACA JUGA