Perkumpulan Fotografer Makassar (Performa) menggelar Peluncuran Resmi Salonfoto Indonesia ke-41 tahun 2020, di Bikinbikin Community Hub Nipah Mall, Sabtu (21/12/2019)

Performa Apresiasi Fotografer Lewat Salonfoto Indonesia 2020

Sabtu, 21 Desember 2019 | 19:47 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Fotografer: Erik Didu - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Perkumpulan Fotografer Makassar (Performa) menggelar Peluncuran Resmi Salonfoto Indonesia ke-41 tahun 2020.

Hal tersebut terlaksana setelah Performa melakukan sosialisasi Salonfoto Indonesia selama 3 (tiga) bulan lamanya ke beberapa komunitas/organisasi fotografi di beberapa kampus di Sulawesi Selatan dan beberapa tempat lainnya di Indonesia Timur secara bergilir.



Sejak tahun 1973, kegiatan Salonfoto Indonesia ini sudah menjadi agenda tahunan dan satu-satunya kegiatan senifoto yang diakui secara internasional sebagai tolak ukur dalam kemajuan senifoto di Indonesia. Dengan pengalaman pelaksanaan kegiatan tersebut, Salonfoto Indonesia juga bisa dikatakan sebagai kegiatan senifoto nasional yang dilaksanakan secara konsisten dan terukur selama lebih dari 40 tahun.

Salonfoto Indonesia adalah penghargaan pada seni, ide dan kreatifitas dalam penyajian visual fotografi. Bentuknya adalah serangkaian kegiatan yang merupakan satu kesatuan bentuk penyajian karya dengan sistem bertahap, terstandarisasi, dan dapat dipertanggungjawabkan. Sebuah karya yang lahir dalam tahapan salonfoto diupayakan menjadi karya yang dapat dinikmati dan diingat oleh generasi manapun.

Dalam pelaksanaannya, Salonfoto Indonesia selalu memberikan kesempatan kepada para fotografer untuk memperebutkan sekitar 1 (satu) Medali Emas, 2 (dua) Medali Perak, 5 (lima) Medali Perunggu, 10 (sepuluh) Tanda Penghargaan, dan 1 (satu) Medali Emas untuk Pasangan Terbaik.

Pada setiap pelaksanaanya, Salonfoto Indonesia melombakan karya-karya fotografer Indonesia ke dalam 3 (tiga) atau 4 (empat) kategori. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan penghargaan dan hadiah tambahan bagi para pemenang sebagai bentuk apresiasi atas karya fotografi mereka.

Selain itu, pihak penyelenggara juga menyediakan Trofi Bergilir Adam Malik Award bagi insan fotografer yang memiliki nilai keikutsertaan tertinggi, dan juga Trofi Perkumpulan Senifoto Terbaik bagi anggota Federasi Perkumpulan Senifoto Indonesia yang berhasil meraih angka tertinggi dalam pelaksanaan kegiatan tahunan ini.

“Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini, perkembangan senifoto di Indonesia bisa ditingkatkan melalui kegiatan Salonfoto Indonesia. Dalam pelaksanaan Salonfoto Indonesia yang terakhir dilaksanakan oleh Perhimpunan Fotografer Bali (PFB) tahun 2019, jumlah karya foto yang masuk adalah 4.528 dengan 1.167 foto terpilih, dan diikuti oleh 23 perkumpulan senifoto di Indonesia,” ujar Johnny Hendarta, Ketua Umum FPSI.

FPSI adalah federasi dari perkumpulan-perkumpulan senifoto di Indonesia dan merupakan anggota Fédération Internationale de l’Art Photographique (FIAP). Semenjak didirikan pada tanggal 30 Desember 1973, federasi yang telah beranggotakan 22 perkumpulan yang tersebar di seluruh Indonesia ini bertujuan untuk menghimpun perkumpulan senifoto di Indonesia dalam satu wadah bertaraf nasional guna memajukan mutu seni fotografi dalam arti seluas-luasnya di Indonesia dan internasional.

Penunjukkan Perkumpulan Fotografer Makassar (Performa) sebagai tuan rumah pelaksana Salonfoto Indonesia ke-41 tahun 2020 diputuskan melalui rapat kerja FPSI yang diselenggarakan di Bali bulan September 2019 silam. Dan ini merupakan mandat yang kedua kalinya setelah perkumpulan senifoto yang berbasis di Makassar ini menjadi penyelenggara Salonfoto Indonesia setelah tahun 2011.

“Dipilihnya makassar sebagai tuan rumah akan memberikan dampak yang besar dalam mendorong kembali semangat kreatifitas para fotografer dalam pengembangan senifoto di industri kreatif, termasuk dalam upaya promosi kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan,” kata Junaidi Sudirman, Ketua Umum Performa.

Pelaksanaan kegiatan Salonfoto Indonesia ke-41 Makassar pada tahun 2020 akan diselenggarakan dalam beberapa tahapan. Mulai Januari hingga Mei 2020 akan dilaksanakan lomba foto bulanan berbasis media sosial dengan hadiah menarik, penerimaan karya peserta yang diselenggarakan dari April hingga Juni 2020, penjurian karya foto yang dilaksanakan pada Agustus 2020, penganugerahan dan malam budaya Sulawesi Selatan yang rencananya akan dilaksanakan di Kawasan Adat Kete Ke’su Kabupaten Toraja Utara pada Agustus 2020, dan akan ditutup dengan pameran karya foto Salonfoto Indonesia Ke-41 di beberapa tempat di Indonesia yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus hingga Desember 2020.

“Pemilihan Kawasan Adat Kete Ke’su sebagai tempat penyelenggaraan puncak kegiatan Salonfoto Indonesia Ke-41 tahun 2020 ini adalah upaya kami sebagai pemerhati kebudayaan dan kepariwisataan Indonesia, dan Sulawesi Selatan pada khususnya, untuk melakukan promosi dan tata kelola pemasaran melalui media fotografi. Gaungnya pasti akan lebih besar jika upaya pemerintah untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan ini didukung oleh semua pemangku kepentingan, dan fotografer sebagai pelaku seni akan berkontribusi besar dalam upaya tersebut,” kata Thaib Chaidar, Ketua Penyelenggara Salonfoto Indonesia Ke-41 tahun 2020.

Dalam pelaksanaan kurasi dan penjurian akan dibagi beberapa kategori yakni Kategori Cetak Warna, Kategori Cetak Monokrom, Kategori Softcopy Foto Perjalanan, dan Kategori Softcopy Fotografi Jalanan yang nantinya akan melibatkan sekitar 20 orang juri nasional yang sudah ternama dan tersertifikasi oleh Federasi Perkumpulan Senifoto Indonesia. Dan peserta akan memperebutkan sekitar 74 medali penghargaan dan beberapa hadiah berupa perlengkapan fotografi dari pihak pendukung. 

Kegiatan peluncuran resmi Salonfoto Indonesia Ke-41 ini digelar dengan bekerjasama DOSS Makassar dengan dukungan penuh oleh Next Level Picture, Visual Art, bikinbikin Community Hub Nipah Mall, Sony, dan Olympus. Dalam kegiatan ini akan ada acara peluncuran, perayaan ulang tahun DOSS ke-8, lokakarya fotografi dengan pemateri nasional, lomba foto kategori umum dan mahasiswa, dan lomba foto Instagram dengan total hadiah Rp10 juta.

Dalam kegiatan ini pula akan ada konferensi pers mengenai beberapa agenda inti Salonfoto Indonesia ke-41 Makassar 2020. Kegiatan peluncuran resmi ini dilaksanakan oleh panitia pelaksana pada tanggal 21-22 Desember 2019 di Bikinbikin Community Hub Nipah Mall.

Untuk itulah panitia pelaksana SFI ke-41 sangat membutuhkan dukungan yang sangat besar pemerintah daerah demi nama baik dan citra terbaik Sulawesi Selatan dan pelaku di dunia seni fotografi se-Sulawesi Selatan dan seluas-luasnya dalam pengembangan industri kreatif dan promosi pariwisata Indonesia seluas-luasnya.(*)