#

Barru Dapat 3500 Sertifikat Tanah, Suardi Saleh Ingatkan Ini ke Warga

Kamis, 26 Desember 2019 | 15:01 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BARRU, GOSULSEL.COM – Usaha dan kerja nyata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru membantu warganya untuk mendapatkan sertifikat tanah, berbuah hasil. 

Melalui Kantor Pertanahan, sebanyak 3500 sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dibagikan ke warga di aula lantai enam kantor bupati, Kamis (26/12/19). Para penerima sertifikat tersebut, sebelumnya sudah memenuhi mekanisme yang ditentukan.

Bupati Barru Suardi Saleh yang menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah ini, menyampaikan apresiasi kepada Kantor Pertanahan Barru yang dinilai telah menunjukkan dedikasi dan kerja kerasnya menjalankan program ini.

“Terima kasih atas kerja kerasnya selama ini. Saya mengajak untuk terus membantu masyarakat dengan memberikan kemudahan dalam proses sertifikasi tanah,” kata Suardi Saleh saat menyampaikan sambutannya.

Khusus penyerahan sertifikat tanah kali ini, Suardi Saleh juga menaruh harapan kepada warga yang menerima, agar bisa dimanfaatkan dengan baik, karena telah memiliki legalitas hukum. Begitu pun bisa menjadi aset berharga bagi pemiliknya.

Soal ada warga yang ingin menjadikan jaminan ke bank untuk pinjaman modal usaha atau lainnya, Suardi Saleh menghimbau untuk memikirkan secara matang sekaligus mendiskusikan terlebih dahulu dengan anggota keluarga.

“Masyarakat harus mengkalkulasi terlebih dahulu dengan seksama kalau ingin menjadikan sertifikatnya sebagai jaminan di bank. Harus memikirkan kesanggupan membayar angsurannya, agar sertifikat yang dijadikan jaminan tidak disita atau menjadi milik pihak bank,” imbau Suardi Saleh.

Meski demikian, sertifikat tanah ini bisa menjadi modal berharga warga jika ingin menjadikan sebagai modal usaha. Sepanjang lanjut dia, perencanaannya matang dan produktif, serta tidak memberatkan di kemudian hari.

“Kalau tujuannya untuk modal usaha yang produktif, saya kira tidak ada masalah (dijaminkan di bank),” kata Suardi Saleh yang sejak menjabat bupati memang dikenal punya perhatian lebih terhadap masyarakat.

Berdasarkan pantauan, penyerahan sertifikat tanah dihadiri langsung Kepala BPN Provinsi Sulsel Marliana, A. PTNH, Kepala Pertanahan Barru H. Tatang Muliana SH, M.Si, Komandan Kodim 1405/MLTS, Camat se Barru, lurah dan kepala desa.(*)


BACA JUGA