Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa membentuk 3 posko Siaga Bencana yang mulai beroperasi sejak hari ini, Kamis (2/1/2020).

Pemkab Gowa Bentuk 3 Posko Siaga Bencana

Kamis, 02 Januari 2020 | 13:34 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa membentuk 3 posko Siaga Bencana yang mulai beroperasi sejak hari ini, Kamis (2/1/2020).

Kepala Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa Iksan Parawangsa mengatakan posko siaga tersebut berdasarkan instruksi Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dalam rangka memberikan respon cepat saat terjadi kondisi yang tidak diinginkan.

Lanjutnya, pihaknya sangat bersyukur dengan rencana pembentukan posko siaga ini. Apalagi pada Januari hingga Februari tahun ini telah memasuki puncak musim hujan, sehingga perlu adanya penguatan kesiap-siaagaan dalam mengantisipasi jika terjadi kondisi yang tidak diinginkan.

“Posko siaga ini memang akan kita buat untuk memberikan respon cepat saat terjadinya kondisi ekstrim. Tapi Allhamdulilah karena Bapak Bupati juga menginginkan hal demikian sebagai bentuk kesiagaan kami,” ujarnya.

Untuk Posko Siaga Bencana yang dibentuk berada di pelataran Kantor Damkar dan Kantor BPBD Gowa untuk di wilayah dataran rendah. Sementara di wilayah dataran tinggi dibentuk di dua kecamatan masing-masing di Kantor Kecamatan Tinggimoncong, dan Kantor Kecamatan Bungaya.

“Posko ini sebagai tempat dan sumber informasi bagi masyarakat dalam mengupdate kondisi cuaca selama memasuki musim penghujan. Kami pun telah menyiapkan tim yang akan menjaga posko secara bergantian untuk memberikan tindakan cepat,” ujarnya.

Posko tersebut selain disiapkan akses informasi juga telah disiapkan alat-alat pemberian pertolongan pertama. Mulai dari tenda, perahu karet, alat kesehatan hingga bahan-bahan logistik dasar lainnya.

“Untuk tim yang berjaga masing-masing tim aparatur kecamatan, dan desa, serta tim relawan BPBD yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat (TRC) seperti anggota Pramuka, Tagana, Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan PMI yang disebar di masing-masing posko,” sebutnya.

Dalam mengantisipasi terjadinya bencana sewaktu-waktu, pihaknya juga telah menyiapkan alat-alat untuk memberikan pertolongan dan penanganan pertama.

Sementara, berdasarkan rilis Badan Meteorologi, Klimatologi,dan Geofisika (BMKG) Makassar menyebutkan perkiraan cuaca sepekan ini di wilayah Kabupaten Gowa berpotensi hujan lokal, hujan sedang hingga hujan tebal dan dapat berpotensi kilat/petir.

Untuk suhu udara pun mulai dari 20 hingga 31°C, kelembapan udara 75 – 95 % dan potensi angin: Barat Daya – Barat Laut/ 10 – 30 km/jam.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Rustam Razak mengatakan, posko ini tujuannya untuk mempercepat proses pelayanan apabila ada informasi terkait kebencanaan.

“Hal terpenting dari posko itu ada porsenil dan alat komunikasi, serta bagaimana membentuk jaringan dengan masyarakat. Adanya posko siaga ini bisa mengantisipasi terjadinya hal buruk saat banjir dan selalu siap siaga dalam keadaan apapun,” tambahnya.(*)


BACA JUGA