#

Stop BAB Sembarangan, Bupati Barru Inginkan Toilet Umum Diperbanyak di Desa

Rabu, 08 Januari 2020 | 14:02 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BARRU, GOSULSEL.COM – Bupati Barru Suardi Saleh mendukung kampanye stop Buar Air Besar Sembarangan (BABS) yang dideklarasikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) di Kecamatan Pujananting, Rabu (08/01/2020).

Saat menghadiri deklarasi pertama stop BABS yang digelar di gedung PKG Pujananting, Suardi Saleh mengapresiasi salah satu program gerakan hidup sehat tersebut. Sebab program ini bisa menjadi percontohan sekaligus membudayakan prilaku hidup sehat di Barru.

“Terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat Pujananting yang telah mendukung dan melaksanakan program stop BAB sembarangan. Mudah-mudahan desa dan kelurahan lainnya dapat menggalakkan hal serupa. Misalkan bergotong royong dalam pembuatan WC umum bagi warga desa,” tandas Suardi Saleh.

Dalam kesempatan itu, Bupati Barru juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran Polsek dan Koramil Pujananting yang turut serta dalam menyukseskan program stop BABS. Pihaknya meminta, deklarasi ini bisa memberikan dampak positif kepada warga.



“Harapan kami jangan cuma deklarasi saja. Tetapi dijadikan sebuah kebiasaan dari kita sampai ke anak cucu. Jadi kita persiapkan semuanya, mulai dari desa ODF ini agar menimbulkan gerakan masyarakat hidup sehat. Dengan pola hidup sehat maka semua akan berjalan baik. Dan ini harus menjadi percontohan,” tuturnya.

Dirangkain deklarasi ini, Suardi Saleh memberikan 8 piala dan piagam penghargaan kepada desa dan kelurahan yang telah mendeklarasikan stop BABS atau ODF. Begitupun menyerahkan mobil ambulance kepada Puskesmas Pujananting.

Turut hadir di deklarasi, yakni Kepala Seksi Bidang Kesehatan Dinkes Sulsel, Kasri, SKM, Ketua DPRD Barru, Kepala Dinkes Barru, Kepala Dinas PU, Kepala Inspektor, Kapolsek Pujananting, Camat Pujananting, Kepala Puskesmas, Lurah dan Kepala Desa se Pujananting, serta sejumlah tokoh masyarakat.(*)


BACA JUGA