Silaturahmi Awal Tahun, BI Bareng Media: KTI DIGIFEST 2020, yang berlangsung di Benz Kafe, Jl. Kajaolalido No.2, Kamis (9/1/2020)

Lewat KTI Digifest 2020, BI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Sulsel dan QRIS

Kamis, 09 Januari 2020 | 15:10 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menggelar kegiatan Kawasan Timur Indonesia Digital Festival 2020 (KTI Digifest 2020). Kegiatan ini merupakan upaya BI mendorong implementasi QRIS, yang telah berlaku efektif sejak 1 Januari 2020, secara inklusif dan menyeluruh.

KTI Digifest 2020 akan dipusatkan di Celebes Convention Center (CCC) Makassar, pada tanggal 11-12 januari 2020.

“Ini merupakan langkah awal transformasi digital dalam mendorong percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan digital Nasional khususnya di KTI,” ujar Kepala Bank Indonesia (BI) Sulsel, Bambang Kusmiarso.

Latarbelakang pelaksanaan KTI DIGIFEST 2020 di Kota Makassar mengingat Sulawesi Selatan merupakan daerah yang istimewa dan unik. Dengan julukan “the gateway of eastern Indonesia”, Sulawesi Selatan menjadi pusat ekonomi, pariwisata, kuliner, pendidikan serta jasa kesehatan untuk Kawasan Timur Indonesia.

“Melalui Digifest 2020, diharapkan penggunaan QRIS sebagai salah satu kanal transaksi pembayaran digital dapat segera dikenal dan diimplementasikan oleh masyarakat luas, khususnya di KTI,” lanjutnya.

KTI Digifest 2020 merupakan hasil inisiatif Bank Indonesia bersama Pemerintah Daerah, Perbankan, PJSP Non-Bank dan Pelaku Industri untuk membangun masyarakat yang digitally inclusive melalui implementasi QRIS dalam pengembangan ekonomi digital khususnya di Kawasan Timur Indonesia, dan nasional pada umumnya.

KTI DIGIFEST 2020 akan menghadirkan berbagai kegiatan, dimana transaksi pembayaran yang dilaksanakan akan menggunakan QRIS. Rangkaian kegiatan dalam KTI DIGIFEST 2020 tersebut antara lain bazar dan expo dari bernagai lini industri yang melibatkan Perbankan, PJSP Non-Bank, bisnis ritel, perwakilan UMKM binaan BI se-KTI, komunitas hobi, pelajar dan mahasiswa.

Selain itu, ada juga festival kopi. Berbagai atraksi dan kegiatan dalam festival kopi antara lain: 1000 cangkir gratis kopi untuk seluruh masyarakat pecinta kopi; talkshow kopi dengan tema “Cita Kopi Rasa Nusantara” yang akan menginformasikan seputar kopi, khususnya perkembangan kopi di Indonesia, pengujian kopi, bisnis kopi, kopi-kopi asli Indonesia dan lainnya. Dan juga Lomba Latte Art & Manual Brew.

Berbagai kegiatan dan hiburan menarik lainnya yang akan mendatangkan artis ternama seperti GIGI Band, PUSAKATA, Kapal Udara, Joel Matulessy dan Rizky De Keizer & The Strangers.

Melalui kegiatan KTI Digifest 2020 diharapkan tidak hanya mendorong implementasi QRIS namun juga pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan menghubungkan banyak pihak melalui interkoneksi antar pelaku ekonomi serta interkoneksi antar instrumen keuangan (tabungan, uang elektronik, kartu debet, dan kartu kredit).

Hal tersebut juga akan mendorong inklusi keuangan yang akan memberikan banyak manfaat antara lain dalam mendukung stabilitas makro dan sistem keuangan, efisiensi ekonomi, memperkuat pertumbuhan ekonomi, membatasi praktik shadow-banking, dan mendukung peningkatan indeks pembangunan manusia.(*)


BACA JUGA