Bupati Barru Suardi Saleh menghadiri Isra Mi’raj di Masjid Raudatul Muflihin, Galung, Rabu (11/3/2020)
#

Barru Pengumpul Zakat dan Infaq Terbesar di Sulsel

Senin, 13 Januari 2020 | 12:31 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BARRU, GOSULSEL.COM – Jumlah penduduk di Kabupaten Barru boleh tergolong sedikit jika dibanding beberapa daerah lainnya di Sulsel. Tapi, untuk urusan kepedulian terhadap sesama, Barru adalah juaranya.

Itu dibuktikan dengan data Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang saat ini telah mencatatkan Barru sebagai pengumpul zakat, infaq dan sedekah terbesar di Sulawesi Selatan yang jumlahnya mencapai Rp18 miliar.

“Alhamdulillah, Barru hari ini merupakan pengumpul zakat, infaq dan sedekah terbesar di Sulsel,” kata Bupati Barru Suardi Saleh saat memberikan sambutan di peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Binuang, Balusu, Senin (13/01/2020).

Di depan ratusan warga yang hadir di peringatan keagamaan ini, Suardi Saleh yang masih menyempatkan waktunya memenuhi undangan panitia di sela-sela kesibukannya mengurus penanganan bencana alam, mengaku jika capaian tersebut tidak lepas dari adanya kepedulian dan kepercayaan ke Baznas.

“Ini tidak lepas karena adanya akuntabilitas dan pengumpulan dan penyaluran yang dilakukan Baznas, sehingga masyarakat tidak ragu untuk berzakat. Dan alhamdulillah, ini mengalami peningkatan secara terus menerus,” urai eks aktivis Gappembar ini yang datang bersama Wakil Bupati Barru Nasruddin.

Mantan Kadis PU Maros dan Kepala Bappeda Pinrang ini menambahkan, fakta semakin meningkatkan jumlah warga yang berzakat dan bersedekah, sejalan dengan data terbaru mengenai angka kemiskinan di Barru yang juga menurun.

“Penyalurannya yang baik itu sekaligus ikut membantu mengurangi angka kemiskinan di Barru. Tahun sebelumnya angka kemiskinan di Barru sekitar 10%, tapi sekarang menurun menjadi 8%,” sebut Suardi Saleh yang sejak memimpin Barru dikenal sebagai bupati yang peduli.

Selain menyinggung soal zakat dan infaq, Suardi Saleh memanfaatkan momentum ini untuk terus mengingatkan warga lebih waspada dengan potensi bencana alam. Apalagi selama dua pekan terakhir, sebagian wilayah dilanda angin kencang dan banjir.

Berdasarkan pantauan, diperingatan maulid kali ini, disamping dihadiri langsung Bupati dan Wakil Bupati, ikut hadir Pj Sekda Barru Abustan, Asisten, dan sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemkab.##


BACA JUGA