Kepala KAMINVET CAD XIV/12 Gowa, Mayor Inf Yunus Kamare 

Lamban, Penyidikan Calo Veteran Terkendala Pemeriksaan Kepala Kantor MINVET CAD XIV/12 Gowa

Senin, 13 Januari 2020 | 15:04 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM — Proses penyidikan kasus calo veteran di Polres Gowa berjalan lamban. Terkendala pada pemeriksaan Kepala Kantor MINVET CAD XIV/12 Gowa, Mayor Inf Yunus Kamare. 

Penyidik mengaku, telah berupaya menghadirkan Yunus untuk diperiksa sebagai saksi. Namun tak berhasil. “Kita sudah bolak-balik ke kantornya MINVET CAD XIV/12 Gowa. Namun KAMINVET CAD XIV/12 menolak diperiksa,” ujar penyidik Polres Gowa, Taufiq Akbar kepada wartawan, Senin (13/1/2019).

Menurut Taufiq, surat panggilan pemeriksaan untuk Mayor Yunus sudah lama dilayangkan. Hanya saja, Yunus gagal di BAP. Alasan Yunus, menunggu disposisi dari Pangdam XIV Hasanuddin. 

“Alasan KAMINVET begitu. Menunggu izin pemeriksaan dari Panglima,” ungkapnya.



Taufiq mengungkapkan, selain KAMINVET, panggilan pemeriksaan juga sudah dilayangkan ke oknum yang diduga bekerjasama dengan terlapor, Abd Aziz Gassing sebagai calo veteran. Keduanya rencananya diperiksa terkait laporan dugaan penipuaan dan penggelapan pendaftaran calon anggota veteran. Pelapornya H Kallabo, warga Dusun Rajaya, Desa Taring, Kecamatan Biringbulu.

Kepala KAMINVET CAD XIV/12 Gowa, Mayor Inf Yunus Kamare enggan menanggapi masalah ini. Permintaan konfirmasi ke nomornya diabaikan. 

Sikap Yunus yang terkesan menolak dimintai keterangan oleh penyidik disesalkan keluarga pelapor, Nurdin. “Alasan KAMINVET kurang logis. Itu kan surat panggilan polisi sifatnya tembusan saja kepada Pangdam. Jadi tak perlu menunggu izin,” katanya.(*)