WR III Bidang Kemahasiswaan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof. Dr. Darussalam, M.Ag melantik pengurus baru Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka UIN Alauddin Makassar, Selasa (14/1/2020)

Lantik Pengurus UKM Pramuka, WR III UIN Makassar: Organisasi dan Akademik Harus Beriringan

Selasa, 14 Januari 2020 | 12:55 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof. Dr. Darussalam, M.Ag melantik pengurus baru Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka UIN Alauddin Makassar, Selasa (14/1/2020).

Dalam sambutannya, mantan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum ini menyebutkan bahwa pelantikan tersebut merupakan pelantikan pertama di jajaran UKM dan UKK lingkup UIN Alauddin Makassar.

muhammad-ismak

“Ini menandakan bahwa roda organisasi berjalan dengan baik, ada pergantian pungurus sesuai dengan periodenya. Mudah-mudahan amanah ini bisa dilaksanakan selama kepengurusan sesuai dengan janji yang telah diucapkan,” ujarnya.

Lanjutnya, Prof Darussalam juga berharap agar pengurus dan seluruh anggota UKM Pramuka UIN Alauddin Makassar agar tidak mengesampingkan akademinya. Menurutnya, keduanya harus berjalan beriringan antara organisasi dan akademik.

“Saya tidak mau dengar ada anak Pramuka misalnya DO dengan alasan aktif di Pramuka, tidak boleh itu. Tidak boleh ada DO. Organisasi harus berjalan seiring dengan studi kita,” tegasnya.

Prof Farussalam juga menyampaikan bahwa walapun sudah pelantikan, namun dalam waktu dekat ini akan kembali diadakan pelantikan kolektif terhadap semua pengurus lembaga kemahasiswaan sejajaran.

“Nanti pelantikan kolektif itu ada fakta integritas Ketua dan Sekretaris itu bertandatangan. Untuk fakta integritas tersebut semua UKM dan UKK saya akan laksanakan seperti itu, kita mau supaya periode kedepan pastikan bahwa Desember itu sudah dilantik pengurus baru jangan tertunda sampai Januari seperti ini supaya kita tertata punya lembaga kemahasiswaan,” jelasnya.

Ke depan ia juga berharap ada pertemuan dengan dan pengurus lembaga kemahasiswaan sebanyak empat kali selama kepengurusan. Menurutnya, hal tersebut dilakukan agar komunikasi antara Pimpinan Universitas dan lembaga kemahasiswaan tetap berjalan dengan baik.

“Ke depan semua ketua UKM, UKK tambah Dema dan Sema itu ketemu pihak pimpinan dalam hal ini saya Wakil Rektor III itu selama 4 kali selama periode atau tiga bulan sekali kita ketemu, waktu nanti kita tentukan di mana,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua UKM Pramuka UIN Alauddin Makassar, Rani yang ditemui usai pelantikan berharap kedepan UKM Pramuka tetap menjadi wadah pemebentukan karakter. Ia juga berharap kepengurusan kedepannya berjalan dengan baik.

“Harapan untuk kedepannya semoga Pramuka bisa menjadi salah satu wadah untuk pengembangan mahasiswa dan pembentukan karakter demi terwujudnya cita-cita kampus yang bermartabat,” tandasnya.(*)