Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bulukumba, Muhammad Daud Kahal
#

Radio SPL Bulukumba Bakal Hadirkan Program Talk Show Inovasi Desa

Kamis, 16 Januari 2020 | 23:46 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Radio Swara Panrita Lopi (SPL) FM yang merupakan salah satu Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Milik Pemerintah Kabupaten Bulukumba dibawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika bakal menghadirkan program baru.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bulukumba, Muhammad Daud Kahal salah satu program yang akan dihadirkan yaitu program Talk Show Inovasi Desa. Menurutnya program tersebut sebagai bentuk penyebarluasan informasi kepada masyarakat Bulukumba khususnya Inovasi yang ada di Desa.

“Bagaimana inovasi desa ini dapat benar-benar menyiarkan fakta sosiologis upaya – upaya desa dalam membangun keberdayaan perikehidupan dari pinggir sehingga kepercayaan publik kepada desa semakin besar karena kemampuan desa membangun serta menjaga kepercayaan negara dalam bentuk limpahan kewenangan dalam mengelolah ADD,” ujarnya.

Lanjutnya, program tersebut akan menghadirkan para Kepala Desa se Kabupaten Bulukumba yang memiliki inovasi desa sebagai narasumber. Ia juga menjelaskan bahwa para pendengar radio bisa langsung interaktif dengan narasumber.



“Salah satu kesuksesan dalam mengejawantahkan Program Inovasi Desa bisa dilihat bagaimana sebuah Desa yang bisa mengembangkan unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berbasis pemetaan potensi desa, baik berupa aset terlihat maupun tak tampak, karena dalam memanfaatkan dana desa tidak hanya untuk infrastruktur, tetapi juga untuk pemberdayaan masyarakat serta bagaimana desa kedepan bisa berinovasi berbasis teknologi informasi,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan hal tersebut dilakukan sebagai upaya SPL FM di tahun 2020 ini untu terus berbenah dan berinovasi melayani masyarakat dalam menyampaikan informasi pembangunan di Kabupaten Bulukumba.

“Radio Swara Panrita Lopu FM Bulukumba memiliki jangkauan siaran terluas, yang mencakup sepuluh kecamatan dikabupaten Bulukumba dan Sebagian wilayah selatan Sulawesi selatan da saat ini Radio merupakan salah satu media komunikasi yang mudah diakses dan banyak diminati oleh masyarakat hingga ke pelosok desa,” tambahnya.

Sementara itu, Program Direktur Radio SPLFM Bulukumba, Saiful Alief Subarkah mengatakan bahwa Talk show tersebut akan menjadi program unggulan yang sudah dipersiapkan oleh manajemen LPPL Radio SPLFM di tahun 2020 ini.

“Dengan menghadirkan narasumber kredibel dan inspiratif, dan talkshow inovasi desa mengahdrikan para kepala desa secara bergantian sebagai narasumber dan adapun jadwalnya nanti kita rilies,” ujarnya.

Alief Subarkah sapaan akrabnya mengatakan di usia 17 Tahun, Radio SPLFM Bulukumba harus siap hadapi era digital. Olehnya itu, Alief berharap Radio SPLFM sebagai Lembaga Penyiaran Publik berani mengambil bagian dan berbicara tentang pembangunan Kabupaten Bulukumba.

“Ya, harapannya pendengar Radio SPLFM bisa terinspirasi lewat program-program yang kami hadirkan, mereka mendapat manfaat dan dapat terlibat membangun Kabupaten Bulukumba melalui media Radio ‘Jika anda dengar anda bicara di sini’ tahun ini kami mengusung tema ‘Splfm untuk yang lebih baik,” tandasnya.(*)