Fakultas Psikologi Universitas Bosowa (Unibos) menggelar Kuliah Umum di Auditorium Aksa Mahmud, Rabu (22/1/2020)

Bahas Psikologi Industri, HRD PT Japfa Indonesia Bagikan Tips Bekerja Bagi Mahasiswa Unibos

Rabu, 22 Januari 2020 | 21:02 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sebagai salah satu bentuk menambah wawasan bagi mahasiswa, Fakultas Psikologi Universitas Bosowa (Unibos) menggelar Kuliah Umum. Pada kegiatan kali ini menghadirkan Kepala Human Resource Development (HRD) PT Japfa Indonesia, Rabu (22/1/2020).

Kuliah umum ini dibuka oleh Wakil Rektor II, Dr Ir Mas’ud M.Si dan turut dihadiri Dekan Psikologi Musawwir S.Psi., M.Pd., Wakil Dekan II, Andy Budhy Rakhmat M.Psi., Psikolog serta Ketua Program Studi Psikologi Unibos Titin Florentina, S.Psi., M.Psi., Psikolog.

Kegiatan yang digelar di Auditorium Aksa Mahmud ini dihadiri oleh 120 mahasiswa Psikologi Unibos. Kuliah umum ini mengusung tema “Tantangan Pengelolaan SDM Era Industri 4.0 menuju 5.0”.

Dalam paparan materi yang membahas bukan hanya tentang masalah sumber daya manusia ini juga menyoroti kemampuan individu atau skill yang harus disiapkan di era industri 4.0 menuju 5.0.

HRD PT Japfa Indonesia, Erwin Esra Edison, S.Psi. CH, Cht juga berbagi tips bagaimana mahasiswa dapat berpeluang diterima di perusahaan dan bagaimana peningkatan skill atau kemampuan mahasiswa dalam dunia kerja.

“Kalian harus menambah wawasan dan kemampuan soft skill, karena di era disrupsi ini yang memiliki ijazah itu sangat banyak. Jadi kalian harus menunjukkan dan membuat perusahaan ingin menerima anda di perusahaannya dengan cara memberikan soft skill, yang mungkin akan menjadi nilai tambah untuk diri teman-teman,” kata Erwin.

Dekan Fakultas Psikologi Unibos Musawwir S.Psi., M.Pd., mengungkapkan tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini. “Ini kami lakukan untuk mengupdate informasi apa itu industri 4.0 menuju 5.0. Selain itu acara ini dapat membuka jaringan, seperti kerjasama terutama jejaring untuk magang atau penelitian yang mengarah pada psikologi di perusahaan tentunya di PT Japfa Indonesia, serta memotivasi mahasiswa dalam proses menuju karir yang lebih baik. Karena karir itu tidak selalu semerta-merta dari proses akademis, jadi perlu juga selalu ada informasi dari praktisi-praktisi seperti tamu yang kita undang ini,” ungkapnya.(*)