Pertama di Indonesia, JICA Jadikan Gowa Lokasi Latihan Peringatan Dini dan Evakuasi Banjir

Rabu, 22 Januari 2020 | 07:30 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM  – JICA Expert on comperhenship Disaster Risk Reduction memilih Kabupaten Gowa sebagai lokus kegiatan latihan peringatan dini dan evakuasi banjir Sungai Jeneberang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Gowa, Ihsan Parawangsa menjelaskan kegiatan tersebut merupakan pertama di Indonesia.

“JICA memilih Kabupeten Gowa sebagai lokasi pertama di Indoneaia diadakannya kegiatan latihan peringatan dini. Sebelumnya belum pernah ada kegiatan seperti ini. ,” kata Ihsan di sela-sela rapat persiapan di Kantor BPBD Prov Sulsel, Selasa (21/1/2020).



Ia menyebutkan bhawa simulasi akan dilaksanakan pada Rabu pagi besok (22/1/2020) di Kelurahan Pangkabinanga Kecamatan Pallangga. Lokasi tersebut dipilih karena tahun lalu banjir dari Sungai Jeneberang terbesar berada di lokasi.

“Selama ini kita melakukan simulasi untuk evakuasi korban bencana. Latihan Peringatan dini sebenarnya bertujuan untuk memibimalisir jumlah korban terutama korban jiwa. Karena berfokus bagaimana mengevakuasi masyarakat sejak awal atau kata lain sejak ada deteksi dini. Sehingga kedepan JICA mengharapkan Gowa menjadi pilot project,” jelasnya.



Ihsan menambahkan kegiatan tersebut merupakan proyek kerjasama JICA bersama BNPB, Kementrian PUPR dan konsultan  CTI Engineering International Japan.

“Kegiatan melibatkan beberapa elemen didalamnya seperti BMKG, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Jeneberamg hingga masyarakat yang berada dilokasi sekitar,” tambahnya.(*)


BACA JUGA