#

Jelang Penilaian Lomba KKS 2020, Pemkab Luwu Gelar Rapat Koordinasi

Jumat, 24 Januari 2020 | 20:42 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Kontributor: Eki Dalle - Gosulsel.com

LUWU, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten Luwu dalam hal ini Forum Kabupaten Sehat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di aula kantor Bappelitbangda, kelurahan Senga, Jumat (24/1/2020). 

Rakor ini diselenggarakan dalam rangka persiapan kabupaten Luwu menghadapi penilaian Kabupaten/Kota Sehat (KKS) tahun 2020.

pt-vale-indonesia

Dalam sambutannya, Ketua Forum KKS Kabupaten Luwu, Hj Hayarna Basmin mengatakan persiapan penilaian KKS 2020 tujuannya utamanya bukanlah untuk meraih penghargaan tetapi bagaimana melaksanakan kebijakan pemerintah pusat menuju Indonesia Sehat.

“Tujuan mempersiapkan diri menghadapi penilaian kabupaten/kota sehat bukanlah pada penghargaan yang ingin kita capai tapi yang paling utama adalah bagaimana tercapainya kondisi Kabupaten Luwu menjadi kabupaten yang bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi masyarakat dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lainnya sehingga dapat meningkatkan sarana, produktifitas dan perekonomian masyarakat,” kata Hj Hayarna Basmin

Lebih lanjut, Hj Hayarna Basmin menjelaskan, ada 7 tatanan penilaian KKS diantaranya kawasan pemukiman, Sarana dan Prasarana Umum, kawasan tertib lalu lintas dan sarana pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat.

Sementara itu, Kepala Seksi Kesehatan Kerja dan Kesling Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, H Kasri mengatakan ada beberapa langkah untuk mempersiapkan diri dalam mnghadapi penilaian KKS.

“KKS merupakan peraturan bersama Mendagri dan Menkes nomor 34 tahun 2005 dan nomor 1138/Menkes/PB/VIII/2005. Dimana penilaian KKS dilaksanakan pada tahun genap dan pemberian penghargaannya pada tahun ganjil. Ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan antara lain adalah melakukan evaluasi terhadap pengalaman yang lalu, membuat konsep tindakan, meningkatkan kesadaran dan peran masyarakat serta meningkatkan kapasitas seluruh stakeholder”, kata H Kasri.

Hadir dalam rapat tersebut Wakil Ketua II DPRD Luwu, Zulkifli, Para Kepala OPD, Komandan Rayon Militer 1403-03 Belopa, Kapten CBA Marten Luther, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Luwu, Pengurus dan Kader TP PKK, Kelompok Wanita Tani, dan Tokoh-tokoh masyarakat.(*)


BACA JUGA