Jumrah Khumairah, mahasiswi Jurusan Kedokteran Anhui Medical University asal Desa Saroppo Kecamatan Kelara, Jeneponto, Sulawesi Selatan

Antisipasi Penyebaran Coronavirus, Ini yang Dilakukan Mahasiswi Asal Jeneponto di Cina

Senin, 27 Januari 2020 | 23:08 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

CINA, GOSULSEL.COM — Merebaknya Coronavirus beberapa hari terakhir ini di Negara Cina membuat aktivitas di negara tersebut sedikit terganggu. Hal tersebut juga dirasakan oleh Jumrah Khumairah, mahasiswi asal Desa Saroppo Kecamatan Kelara, Jeneponto Sulawesi Selatan.

Menurut mahasiswi Jurusan Kedokteran Anhui Medical University ini saat ini mahasiswa asal Indonesia di Cina lebih banyak menghabiskan waktunya di asrama.

Sementara untuk aktivitas kuliah, gadis kelahiran Saroppo, 23 Agustus 1999 menyebutkan bahwa saat ini proses perkuliahan memasuki waktu libur.

“Untuk saat ini seluruh kampus memang sedang liburan musim dingin sampai Februari. Jadi kita semua hanya tinggal di asrama. Setiap hari kantor internasional selalu memeriksa keadaan semua pelajar,” katanya saat dikonfirmasi Gosulsel.com.



Juju sapaan akrab Jumrah Khumairah mengatakan saat ini pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing juga mengeluarkan imbauan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) tidak terlalu banyak beraktivitas di luar rumah sebelum dinyatakan benar-benar aman.

Sementara itu, untuk virus tersebut, Juju menjelaskan bahwa Virus Corona adalah masih keluarga besar virus yang diketahui dapat menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah.

Sedangkan untuk menjaga agar terhindar dari Coronavirus tersebut, Juju mengaku punya cara tersendiri. Seperti menjaga kebersihan, minum vitamin C, jaga pola tidur dan pola makan.

“Yang perlu dilakukan adalah menjaga higienitas atau kebersihan, menjaga imun tubuh, kemana-kemana pakai masker, setiap dari luar harus cuci tangan, muka, kaki dengan pembersih, hindari kontak langsung dengan orang yang punya gejala, demam, flu dan bantuk. Kemudian minum vitamin C secukupnya, pola tidur dan makan harus dijaga,” jelasnya.

Sekadar diketahui bahwa virus dengan nama Novel Coronavirus (2019-nCoV) ini pertama kali muncul di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, Tiongkok sejak Desember 2019 lalu.

Virus Corona juga diketahui merupakan virus jenis baru penyebab penyakit saluran pernapasan. Virus yang berasal dari Cina dan Novel Coronavirus merupakan satu rumpun dengan virus penyebab SARS dan MERS.(*)


BACA JUGA