Ruangan Laboratorium Komputer Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Alauddin Makassar yang jadi lokasi tes tertulis bagi calon anggota PPK Pilkada Gowa 2020, Kamis (30/1 2020) besok

401 Pendaftar Calon Anggota PPK Lolos Berkas, 1 Orang Disabilitas

Rabu, 29 Januari 2020 | 14:36 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM — Seleksi Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) untuk Pilkada Gowa 2020 sudah masuk tahap tes tertulis. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa telah mengagendakan, tes tertulis, Kamis, 30 Januari 2020 besok. Lokasi pelaksanaan tes tertulis itu di Gedung Laboratorium Komputer Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar, Kampus II, Jalan HM Yasin Limpo, Samata, Kecamatan Somba Opu, Gowa.  

Komisioner KPU Gowa Divisi SDM, Sosialisasi dan Partisipasi Pemilih, Nuzul Fitri mengatakan, tes tertulis diikuti oleh 401 orang. Mereka yang ikut tertulis dinyatakan lulus berkas dari total 439 pendaftar. 

Dari jumlah 401 pendaftar yang lulus berkas tersebut, kata dia, ada satu orang merupakan penyandang disabilitas. “401 yang lulus berkas dari 439 pendaftar. Ada satu orang disabilitas,” ujar Nuzul saat dikonfirmasi Go Cakrawala, Rabu, 29 Januari 2020.



Peserta disabilitas itu, sebut Nuzul, berasal dari Kecamatan Parangloe. Namanya, Muhammad Takdir. Yang bersangkutan adalah Relawan Demokrasi KPU Gowa pada Pileg 2019 lalu.

Menurut Nuzul, prinsip pemilu dalam UU juga diatur tentang aksesibilitas. “Teman-teman disabilitas diberi kesempatan jadi penyelenggara Pemilu sepanjang memenuhi persyaratan,” katanya.

Tes tertulis itu, lanjut Nuzul dilaksanakan dengan sistem Computer Assist Test (CAT). Dibagi dalam dua sesi, sesi satu berlangsung pukul 09.00 Wita dan sesi dua Pukul 11.00 Wita. Adapun materi soal tes tertulis, seputar tentang kepemiluan dan tugas tanggung jawab PPK.

“10 orang dengan nilai tes tertinggi akan masuk tahap seleksi wawancara/uji kelayakan,” pungkas Nuzul.(*)


BACA JUGA