#

Kunjungi Warganya yang Mengidap Kanker Mulut, Bupati Barru Instruksikan Ini

Rabu, 29 Januari 2020 | 20:12 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BARRU, GOSULSEL.COM – Matanya berkaca-kaca. Menatap penuh haru di atas pembaringan begitu melihat sosok yang datang menjenguknya adalah Bupati Barru Suardi Saleh.

Ia seolah tak menyangka jika di tengah kondisi tubuhnya yang semakin menurun “melawan” penyakit yang dideritanya, orang nomor satu di Barru itu masih saja meluangkan waktu datang menyemangati. Padahal, tim dokter dan Puskesmas setempat sudah melakukan penanganan selama ini.

Dahlia (44), warga yang mengidap penyakit kanker mulut, terbaring lemas dikediamannya di Jalange, Kelurahan Mallawa, Mallusetasi. Ia tak bisa lagi banyak berbicara. Hanya mengandalkan tulisan tangan jika ingin berkomunikasi. Termasuk ketika didatangi Suardi Saleh.

Orang tua Dahlia yang setia mendampingi anaknya, tak kuasa menahan tangisnya begitu Suardi Saleh memerintahkan jajarannya segera merujuk Dahlia ke RSU Wahidin di Makassar untuk langkah operasi atau penanganan medis lebih lanjut.



Ia menangis tersedu-sedu di samping Suardi Saleh, sambil menyampaikan rasa terima kasihnya atas perhatian dan kepedulian yang ditunjukkan dalam membantu anaknya yang kini hanya bisa terbaring lemas.

Suardi Saleh yang datang didampingi Pj Sekda Barru, Abustan, serta tim dokter dan staf Puskesmas Mallusetasi, memerintahkan agar Dahlia segera dirujuk ke Makassar.

“Kepala Puskesmas, Ibu Camat, dari Dinkes ini tak boleh ditunda (segera dirujuk),” kata Suardi Saleh kepada jajarannya.

Meski lanjut dia, tim dokter dari Puskesmas, selama ini sudah melakukan penanganan medis. Bukan baru sekarang mendapat informasinya, tapi sudah sering turun melakukan pemeriksaan. Termasuk sudah mengagendakan langkah operasi.

“Targetnya itu 23 di operasi. Cuma memang ada perkembangan (menjalar) agak cepat di lidahnya, sehingga tidak memungkinkan di operasi saat itu. Tapi paling lambat besok, saya minta segera dirujuk. Jangan ditunda,” tegas Suardi Saleh.

Selain itu, Suardi Saleh meminta kepada tim Puskesmas untuk mendampingi Dahlia saat dirujuk di Makassar, maupun ketika akan menjalani operasi. Apalagi, Dahlia sangat bersemangat untuk sembuh. Begitu juga pihaknya siap membantu keluarga Dahlia.

“Karena di BPJS kan tidak ada pembiayaan untuk membantu keluarga, maka nanti kami akan bantu juga,” pungkas Suardi Saleh.(*)


BACA JUGA