FOTO: Ilustrasi Universitas Hasanuddin/Idt

Unhas Masuk 10 Besar Perguruan Tinggi Terbaik Versi Webometrics

Jumat, 31 Januari 2020 | 08:30 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Univeristas Hasanuddin (Unhas) masuk kategori 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics, situs pemeringkatan website perguruan tinggi dunia. Unhas berada di posisi ke sembilan. Data ini berdasarkan rilis terbaru edisi Januari 2020.

Unhas salah satunya perguruan tinggi dari Indonesia bagian timur. Unhas berada diatas Universitas Diponegoro yang berada di urutan ke sepuluh.

Sementara itu, untuk posisi pertama ditempati Universitas Indonesia, disusul oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) dan di posisi ke tiga Institut Teknologi Bandung (ITB).

Untuk perangkingan perguruan tinggi di dunia, Unhas menempati posisi ke 1.888 dunia sedangkan UI yang merupakan nomor satu Indonesia menembus posisi ke 788 dalam peringkat global.



Untuk diketahui Webometrics memiliki empat kriteria yang menjadi penilaian untuk perguruan tinggi. Diantaranya, presence (20%), impact (50%), openness (15%), dan excellence (15%).

“Edisi Januari 2020 dibuat dengan indikator-indikator yang diperoleh selama bulan ini untuk menjaga pembaharuan data dari peringkat universitas secara terkini,” dilansir dari website Webometrics, Kamis (30/1/2020).

Presence ialah jumlah halaman web host dalam webdomain utama termasuk semua subdomain dan direktori dari perguruan tinggi yang diindeks oleh mesin pencari Google. Penilaian dilakukan dengan menghitung setiap halaman web yang diakui secara individual oleh Google, termasuk halaman statis dan dinamis.

Impact merupakan kualitas konten semua external inlinks yang diterima oleh webdomain perguruan tinggi dari pihak ketiga. Link ini mengakui prestise institusional, kinerja akademik, nilai informasi, dan kegunaan dari layanan seperti dalam halaman web sesuai dengan kriteria jutaan web editor dari seluruh dunia.

Sementara Openness merupakan jumlah file dokumen Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) dan Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang daring di bawah domain website perguruan tinggi yang tertangkap Google Scholar dan diterbitkan mulai tahun 2008 hingga sekarang.

Excellence yakni jumlah artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking dan di Google Scholar. Termasuk jumlah paper akademik berkualitas, yang dipublikasikan dalam jurnal yang memiliki reputasi internasional.(*)

Reporter: Agung Eka


BACA JUGA