Bupati Maros HM Hatta Rahman membuka Musrenbang tingkat kecamatan tahun 2020 di Kantor Camat Bantimurung, Selasa (4/2/2020)

Bupati Maros Harap Musrenbang 2020 Tekan Angka Kemiskinan

Selasa, 04 Februari 2020 | 15:57 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Bupati Maros HM Hatta Rahman menyebut, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2020 sebagai Musrenbang yang akan digunakan oleh Bupati dan wakil Bupati Maros yang baru. Hal ini diungkapkan Hatta saat membuka Musrenbang tingkat kecamatan tahun 2020 di Kantor Camat Bantimurung, Selasa (4/2/2020).

Hatta mengatakan, hasil Musrenbang tahun 2020 akan digunakan dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2021 mendatang. “Jadi tugas saya hanya mengantar sampai Februari 2021 mendatang. Hasil Musrenbang tahun ini akan digunakan oleh Bupati baru yang terpilih pada 23 September mendatang,” ujar Hatta.

Hatta menjelaskan, dalam Musrenbang kecamatan diharapkan ada pemilahan antara wewenang desa maupun wewenang kabupaten. “Wewenang desa diurus melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa sedangkan wewenang kabupaten akan diurus oleh APBD kabupaten, untuk dana kelurahan masuk ke APBD. Kita berharap program-program yang dilahirkan dapat menekan angka kemiskinan di Maros,” ujar Hatta.

Hatta juga mengapresiasi kehadiran seluruh anggota DPRD Maros dalam Musrenbang ini yang berasal dari Daerah Pemilihan 3 yang meliputi Bantimurung, Simbang, Camba, Cenrana dan Mallawa. Menurut Hatta, seharusnya anggota DPRD menghadiri pelaksanaan Musrenbang kecamatan khususnya dapil pemilihannya karena apa yang disampaikan masyarakat dalam Musrenbang akan menjadi aspirasi DPRD. “Kita berharap jangan hanya awal-awal menjabat menghadiri Musrenbang tapi tiap tahun seperti ini,” ujarnya.



Sementara itu, Ketua DPRD Maros HA Patarai Amir saat menyampaikan pokok-pokok pikiran meminta adanya koreksi terhadap RKPD tahun sebelumnya yang diprioritaskan untuk kembali dimasukkan ke tahun ini. “Ada beberapa rencana kerja yang tahun sebelumnya belum masuk maka kita minta tahun ini kembali dimasukkan dan diprioritaskan,” ujar Patarai.

Pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan Bantimurung ini dirangkaikan dengan peresmian kantor camat Bantimurung yang baru. Selain Bupati, wakil Bupati, Ketua DPRD serta anggota DPRD dari dapil 3, Musrenbang juga dihadiri hampir seluruh kepala Organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Maros.(*)