Video: Driver Ojek Online di Makassar Ini Mahir Mainkan Biola

Rabu, 05 Februari 2020 | 13:04 Wita - Editor: adyn - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Adewirawan Putranto, driver ojek online (ojol) di Kota Makassar Sulawesi Selatan belakangan ini menjadi viral di sosial media lantaran mahir memainkan alat musik biola.

Ditemui Gosulsel.com, Adewirawan Putranto mengaku kemahirannya memainkan alat musik gesek tersebut tak lepas dari kecintaannya pada dunia musik. Adewirawan Putranto mulai menyukai musik sejak kecil.

hati-kita-keren

Kesukaannya kepada musik tak lepas dari peran dari kedua orang tua, terutama sang ayah yang juga seorang seniman musik. Sejak kecil anak kedua dari tiga bersaudara ini sering ikut sang ayah untuk manggung.

“Dari kecil suka musik sekitar umur 7 tahun kebetulam pace ada elekton. Sering ikut dan main elekton. Kadang karang jiga ikut sma bapak. Ibu juga suka musik, suka nyanyi,” katanya.



Sementara untuk alat musik biola, Adewirawan Putranto mulai belajar pada tahun 2013 lalu secara otodidak. Tak butuh waktu lama, Adewirawan Putranto yang saat itu sebagai Mahasiswa Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Senra Tasik) Universitas Negeri Makassar (UNM) ini, 2014 sudah bisa memainkan biola.

“Mulai belajar dari 2013, saya belajar cuma otodidak. Cari-cari guru yang bisa main kemudian ikut. Dan bisa main 2014,” kata Adewirawan Putranto saat ditemui di tempat tinggalnya di Makassar.

Berkat kelihaiannya memainkan alat musik biola, pemuda kelahiran Bangkali, Muna Raha Sulawesi Tenggara, 7 September 1991 ini, selain sebagai driver ojol, ia kemudian memanfaatkan waktunya untuk manggung di cafe-cafe Makassar.

“Aktifitas kalau tidak ada orderan, saya ada job reguler setiap malam minggu main musik di cafe-cafe begitu. Saat ini saya juga fokus bikin konten-konten YouTube, cover biola,” katanya.

Kemahirannya memainkan biola bebrapa waktu lalu sempat viral di media sosial. Bahkan salah satu seniman musik ternama Indonesia yang juga pendiri Twilite Orchestra, Addie MS memuji kemahiran Adewirawan Putranto memainkan biola.

Bahkan melalui akun Twitter @addiems, mengajak lulusan UNM ini untuk latihan musik bersama Twilite Orchestra miliknya.

“Wah… Keren nih driver ojol.
Gimana ya caranya aku bisa ketemu beliau? Pingin undang ke latihan Twilite Orchestra.
Ada yg bisa tolong hubungi beliau?,” tulis Addie MS dalam akun Twitternya.

“Tentunya Merasa senang dan bangga bisa diajak oleh Addie MS untuk latihan bareng orkesranya, Twilite Orchestra. Ada beberapa stasiun TV di Jakarta juga pernah menghubungi saya,” ucap

Tak hanya main biola anak dari pasangan Sugiman dan Siti Helmi ini juga bisa memainkan alat musik piano dan gitar. Usai viral sejak Desember 2019 lalu, channel YouTube “Agogo Violin” milik Adewirawan juga dibanjiri subscriber dan jutaan viewers.