Managing Director RJK Event by RJK Management Faizal TN, Wakil KORB Andi Rudi, Ketua KORB Ridwan, General Manager Dunia Sepeda Makassar Steven Sumarno. (Dari kiri ke kanan)

Festival Sepeda Pertama di Makassar Bakal Digelar Maret Ini

Kamis, 06 Februari 2020 | 14:54 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Bersepeda memang mulai menjadi tren saat ini. Ditambah lagi kawasan bersepeda yang mulai disiapkan di beberapa lokasi.

Karena itu, RJK Management bersama Komunitas Orang Bike (KORB) akan menggelar Makassar Bike Fetival 2020. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada 14-15 Maret 2020 di Fort Rotterdam Makassar. Kegiatan ini juga didukung oleh Polygon dan Dunia Sepeda.

“Kita mulai dari yang kecil dulu. Kenapa kita gelar ini? Karena kita mau menyentuh kaum milenial supaya suka dulu sama sepeda,” ujar Faizal TN selaku Managing Director RJK Event, saat jumpa pers di Upnormal Coffee Roasters Botolempangang, Makassar, Kamis (6/2/2020).



Festival Sepeda Pertama di Makassar ini akan diikuti oleh seluruh komunitas sepeda di Makassar dan masyarakat umum yang ingin berpartisipasi dari berbagai usia. Dengan target peserta sebanyak kurang lebih seribu orang dan total pengunjung lima ribu orang selama dua hari.

“Target pengunjung 5000 orang untuk 2 hari. Sekarang sudah mau close pendaftar,” katanya.

Dalam kegiatan ini akan ditampilkan sepeda-sepeda dari berbagai brand yang ada di Indonesia dan luar negeri. “Barang-barang yang ditampilkan tidak hanya sepeda biasa, melainkan perkembangan sepeda dari masa ke masa. Exhibition ini pun akan menampilkan sepeda-sepeda modifikasi yang unik,” tuturnya.

Selain Bike Exhibition, ada pun beberapa rangkaian kegiatan seperti, Food Station akan diisi dengan booth kuliner yang menyediakan makanan-makanan sehat untuk pengunjung, Balance Kids Race akan diisi dengan area sepeda untuk anak-anak dan bagi yang tidak memiliki sepeda akan disediakan sepeda yang dapat disewa.

Night Ride juga menarik diikuti, kali ini akan sedikit berbeda dengan nuansa lampu, masing-masing peserta Night Ride akan menyediakan lampu kecil di sepedanya, lampu ini diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat untuk menghadiri acara puncak di pagi hari, karena lampu yang dibawa dapat menjadi simbol renungan akan udara yang tercemar oleh polusi kendaraan.

“Kontennya menarik dan belum pernah ada di Makassar. Semua tentang sepeda, kita juga kedatangan atlet, selebgram yang memang role model sepeda,” jelasnya.

Terdapat Health Station yang akan diisi dengan aksi donor darah, free check up kesehatan untuk keluarga yang kurang mampu, serta konsultasi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Area ini akan dihiasi dengan berbagai informasi kesehatan sebagai bahan promosi kesehatan.

Adapula Mini Talkshow dan Coaching Clinic yang akan dihadiri oleh narasumber dan influencer sepeda yang dikenal oleh masyarakat, diantaranya Hendra (Ratulangi Workshop) dan Ikram (Owner Sepeda Gembira). Menurut Steven Sumarno, General Manager Dunia Sepeda Makassar, tentunya Coaching Clinic ini dikemas semenarik mungkin agar para pesepeda memiliki pengetahuan untuk mencegah terjadinya cedera sekaligus penaganan cedera dalam kondisi darurat secara baik dan benar.

“Untuk Coaching Clinic sendiri, kami mengundang atlit yang setia membawa Polygon yaitu Kuzumawati Yazid, yang juga merupakan atlet MTB XC wanita nomor 1 di Indonesia. Dengan harapan pesepeda lainnya bisa mendapat tips bersepeda yang baik dan benar dari ahlinya, kami juga akan memperkenalkan produk terbaru Polygon pada event ini. Jadi, jangan sampai ketinggalan ya, bakal sangat bermanfaat bagi semua bike-rides,” jelasnya.

Selama kegiatan berlangsung, para pengunjung akan dihibur dengan berbagai performance, music, games, dan influencer yang akan mengajak para pengunjung untuk selalu berolahraga dan hidup sehat.

Tak hanya itu saja, bintang tamu seperti artis Ibu Kota yang juga gemar sepeda juga hadir meramaikan acara ini. Dirangkaikan pula dengan Community Guest Star, salah satu komunitas sepeda milenial dari Jakarta yang digandrungi para pesepeda Makassar. Baik dari sepeda dan style untuk para milenial Makassar, yang dipersembahkan oleh Abu Fitamin Bike.(*)