Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muslim Maros (UMMA) angkatan ke III tahun 2020 gelar seminar program kerja di Desa Kurusumange, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros
#

Ciptakan Kampung Ramah Lingkungan, Mahasiswa KKN UMMA di Kurusumange Lakukan Ini

Sabtu, 08 Februari 2020 | 19:46 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muslim Maros (UMMA) angkatan ke III tahun 2020, edukasi masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Hal itu dikemas dalam tema kampung ramah lingkungan di Desa Kurusumange, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros.

Edukasi lingkungan ini dilakukan dalam bentuk program kerja, seperti pemanfaatan lahan desa untuk dijadikan kebun desa, pembuatan vertikultur dan bimbingan belajar kepada anak-anak dalam mengolah barang bekas menjadi berbagai bentuk kerajinan.

Salah satu mahasiswa KKN UMMA angkatan III, Arif mengatakan bahwa selama kurang lebih 35 hari, dirinya bersama dengan 13 orang rekan seposkonya akan turut dalam mengedukasi warga lewat program untuk menciptakan kampung ramah lingkungan dan juga membantu pemerintah desa dalam persiapan menjelang lomba desa dan PKK.

“Ada berbagai macam program kerja yang telah kita siapkan. Sesuai tema dari kampus kami diminta untuk menggunakan segala sesuatu yang sifatnya ramah lingkungan,” katanya, Sabtu (8/2/2020).



Selain itu, mahasiswa juga menyiapkan program pembinaan keagamaan dengan kearifan lokal. Rencananya rekan-rekan juga akan melakukan pembinaan ukhuwah seperti yasinan dan belajar Al Barasanji,” katanya.

Sementara itu, kepala Desa Kurusumange HM Ridwan, sangat mengapresiasi kehadiran mahasiswa KKN UMMA di wilayah pemerintahannya itu. Ia berharap kiranya program-program yang telah susun bisa terlaksana dengan baik.

“Semoga ini bisa berkelanjutan. Tentunya kami sangat terbantu dengan kehadiran para adek-adek mahasiswa di desa kami,” ujarnya.

Lanjut HM Ridwan, semoga kehadiran mahasiswa juga bisa mendongkrak antusiasme warga lewat program-program yang positif, “Ada banyak harapan baik dari kami untuk para mahasiswa agar bisa membantu kami disini,” tutupnya.(*)